Kalsel

4 Warga Kuin Kecil Bahagia, Rumah Mereka Dibedah Satgas TMMD

apahabar.com, BANJARMASIN – 4 kepala keluarga di Jalan Kuin Kecil RT 14 RW 01, Kelurahan Mantuil,…

Featured-Image
Satgas TMMD ke 105 mulai mengerjakan renovasi rumah warga Kuin Kecil dibantu warga lainnya. Foto-Kodim 1007/Banjarmasin for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - 4 kepala keluarga di Jalan Kuin Kecil RT 14 RW 01, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan mengaku bahagia. Pasalnya, tempat tinggal mereka dijadikan sasaran bedah rumah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Kodim 1007/Banjarmasin.

Kepala keluarga yang beruntung tersebut adalah Asri, Saiful Anwar, Rusdiansyah, dan Ifan.

Rumah yang selama berpuluh-puluh tahun mereka tempati itu akan diubah menjadi lebih baik. Maklum, rumah warga Kuin Kecil rata-rata hanya berpondasikan kayu dan ada pula beratapkan daun pohon rumbia. Sedangkan pekerjaan mereka hanya bertani.

“Ulun (saya, red) senang bapak-bapak tentara merehab rumah ulun, tidak terbayang akan seperti apa nanti hasilnya,” ucap Ifan saat membantu satgas membedah rumahnya.

Sementara warga lainnya, Asri mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh Satgas yang sudah merehab rumahnya.

“Mudah-mudahan bapak tentara ini diberikan keselamatan dan selalu diberikan kesehatan, terimakasih sudah membedah rumah ulun. Ulun dan istri merasa senang dan bahagia,” ungkapnya.

Dandim 1007/Banjarmasin Letkol inf Nopid Arif menjelaskan pembangunan pada TMMD kali ini tidak hanya fokus pada perbaikan jalanan dan jembatan saja. Dari tambahan itu, pada program TMMD kali ini juga menyentuh pembangunan rumah warga agar dibedah.

“Ini merupakan hasil kerjasama Kodim 1007 bersama Pelindo III untuk membedah rumah warga,” ujar Letkol Inf Nopid Arif saat meninjau lokasi TMMD beberapa waktu lalu.

Sedangkan Ketua RT 14, Sadri, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada TNI dan Pemerintah Kota Banjarmasin telah memilih wilayahnya untuk mendapatkan kesempatan pembangunan.

"Ini sudah 10 tahun warga di sini minta jalan diperbaiki, tetapi belum ada jawaban. Alhamdulillah, sekarang ini terjawab dengan adanya program TMMD. Dengan begini kami warga di sini tidak akan lagi kesulitan kalau saat panen harus berkubang dengan jalanan yang berlumpur atau merasakan jalan yang rusak kalau membawa hasil panen keluar daerah Kuin Kecil ini untuk dijual," kata Sadri.

Di RT 14 sedikitnya ada 110 KK yang tinggal di wilayah tersebut. Ditanyakan perihal mengapa hanya ada 4 buah untuk direhab, Dansatgas TMMD ke 105 Mayor inf Sudjiono mengatakan, rumah warga yang mendapatkan kesempatan direhab telah dilakukan survey sebelumnya.

“Jadi ini sudah dilakukan pemantauan, rumah mana yang dari sekian banyak itu yang layak dibedah, nah hasilnya empat buah ini, karena kondisi rumahnya sudah sangat kasihan untuk dihuni beberapa orang anggota keluarga di dalamnya,” tuturnya.

img

Kondisi rumah salah satu warga yang mendapatkan kesempatan untuk dibedah. Foto-bakabar.com/Ahya

Baca Juga: Satgas TMMD Kibarkan Bendera Setengah Tiang Hormati Wafatnya Koptu Rizani

Baca Juga: Tinjau Lokasi TMMD Ke-105 di Kuin Kecil, Ini Kata Hj Ananda

Baca Juga:Dini Hari, Warga Batola Tewas Hantam Pikap Parkir di Martapura Lama

Baca Juga: Bikin Heboh, Artis Ibu Kota Ini Syuting di Pasar Terapung

Reporter: Ahya FirmansyahEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner