Tak Berkategori

Tim Penilai Provinsi Verifikasi Desa Amawang Kiri Muka

apahabar.com, KANDANGAN – Desa Amawang Kiri Muka, Kecamatan Kandangan dipercaya mewakili Kabupaten HSS dalam ajang lomba Asuhan…

Featured-Image
Tim Verifikasi Lomba Asman Toga melakukan penilaian. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Desa Amawang Kiri Muka, Kecamatan Kandangan dipercaya mewakili KabupatenHSS dalam ajang lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga).

Tim penilaian tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pun datang untuk melakukan verifikasi lapangan, Senin (17/6/2019).

SelainDesa Amawang Kiri Muka, ada tiga lokasi lainnya yang dinilai, yakni Kecamatan Kandangan, Dinas Kesehatan, serta Kantor Sekretariat Daerah.

Pada kesempatan itu, Abdul Khair, Kepala Desa Amawang Kiri Muka mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi di Desa Amawang Kiri Muka Kecamatan Kandangan Kabupaten HSS.

Abdul Khair menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, baik bupati dan wakil bupati melalui seluruh dinas/instansi, Ketua TP PKK Kabupaten HSS beserta pengurus, Camat Kandangan dan keluarga besar Kecamatan Kandangan.

Selanjutnya Abdul Khair melaporkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan salah satu yang ingin dicapai Kabupaten HSS yakni Program Hijau Desaku dan juga HSS Kota Oksigen. Sehingga pihaknya mendukung kegiatan Asman Toga. Abdul Khair berharap pihaknya nanti Kampung Toga.

"Mari kita manfaatkan apa yang sudah dialam, selain dari pada untuk keindahan, kesehatan tanaman yang dipakai untuk pengobatan juga tentu saja bernilai ekonomis", kata Abdul Khair.

Abdul Khair juga menjelaskan bahwa Desa Amawang Kiri Muka terus berbenah untuk kegiatan Asman Toga serta Akupresur di Desa Amawang Kiri Muka yang terus dibimbing dan dibina baik kabupaten dan tim kecamatan.

Ia melaporkan Asman Toga dan Akupresur di Desa Amawang Kiri Muka telah dilatih bahkan sampai ke Provinsi untuk perwakilan, yang kemudian seluruh anggota kembali dilatih oleh kader yang mengikuti pelatihan didampingi Puskesmas Jambu.

Lebih lanjut Abdul Khair mengungkapkan Kelompok Asman Toga dan Akupresur jahe madu disamping menanam obat-obat tradisional juga berinovasi dari hasil tanamannya yakni dengan berbagai olahan seperti jamu bubuk dan kering, rempah timung.

Selain itu untuk bahan mentah hasil dari tanaman kelompok jahe madu telah rutin dibeli oleh penjual jamu yang ada di wilayah Kecamatan Kandangan. Serta menjual hasil kebun ke MTsN Amawang dan telah ada perjanjian kerjasama. Selain itu juga melaksanakan kerjasama dengan koperasi untuk pemasaran.

H Heru SKM dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel menyampaikan kedatangan Tim Verifikasi dalam rangka untuk memenuhi tugas Pemerintah Provinsi Kalsel untuk melakukan penilaian Asman Toga dan Akupresur Tingkat Provinsi Kalsel.

Dikatakannya bahwa penilaian ada beberapa kategori mulai dari Keluarga Binaan, Kader, Desa, PKK Desa, Kecamatan dan PKK Kecamatan, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Kantor Bupati.

Kemudian Heru menjelaskan Asman Toga dan Akupresur ini dikembangkan dari masyarakat sendiri. Karena sudah lama dan sudah cukup dikenal masyarakat.

"Kami hadir untuk memberikan motivasi dan penilaian ini hanya untuk membangkitkan semangat masyarakat maupun pihak terkait agar bisa lebih memanfaatkan Toga dan Akupresur karena inti dari penilaian ini adalah benar-benar untuk mengetahui pemanfaatan Toga dan Akupresur apakah sudah dimanfaatkan atau tidak,” katanya.

img

Tim Verifikasi disambut Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry. Foto-Humas Pemkab HSS

Baca Juga:Perdana Jadi Pembina Upacara, Berikut Arahan Sekda Muhammad Noor kepada ASN HSS

Baca Juga:SGI HSS Wisuda 29 Guru

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner