Tak Berkategori

Rayakan Malam Takbiran, Sungai Negara ‘Berwarna’  

apahabar.com, KANDANGAN – Puluhan kapal kelotok serta perahu yang dihiasi dengan berbagai macam lampu serta berwarna-warni…

Featured-Image
Puluhan kapal dihiasi lampu meriahkan Sungai Negara pada malam takbiran. Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Puluhan kapal kelotok serta perahu yang dihiasi dengan berbagai macam lampu serta berwarna-warni aksesoris memeriahkan malam takbiran Idul Fitri 1440 H, Selasa (4/5/2019) malam di Sungai Negara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kegiatan untuk pertama kalinya dilaksanakan di wilayah Daha/Negara, Kecamatan Daha Utara, Kecamatan Daha Selatan, Kecamatan Daha Barat merupakan dalam rangka memeriahkan malam takbiran menjadi lebih semarak.

Baca Juga: Saat Lebaran, Camat di HSS Dilarang Meninggalkan Wilayah

Puluhan kapal perahu yang dihias sedimikian rupa sehingga menjadi kapal hias yang memiliki penampilanelegan yang berbaris rapi di sepanjang Sungai Negara. Siapa saja yang menyaksikan akan berdecak kagum.

Suasana ramai dan semarak sangat terlihat dari antusias masyarakat menyaksikan di setiap pinggir sungai Negara, hingga berdiri di atas jembatan dan titian jembatan untuk menyaksikan even tersebut.

Berbagai macam bentuk dekorasi kapal yang mereka tunjukkan, ada yang berbentuk kubah masjid, berbentuk Ka'bah, ketupat, miniatur perahu, hingga tulisan-tulisan kaligrafi dari ayat suci Alquran.

Lantunan takbir dan tahmid yang bersahut-sahutan dari setiap kapal tidak kalah menambah kemeriahan dari perayaan tersebut.

Berbagai perlengkapan yang mereka bawa untuk mengiringi lantunan takbir mereka. Dari membawa alat rebana, beduk, hingga sound sistem.

Camat Daha Utara Luthfi Rahmani, SSTP, M.Si mengatakan Alhamdulillah Gema takbir berkumandang dari pengeras suara masing masing kapal.

Baca Juga: Sambut Idul Fitri, HSS Gelar Festival Tanglong

Antusias masyarakat menyambut malam takbiran berbeda dari tahun sebelumnya cukup disambut hangat.

“Kalau animo masyarakat bagus, bisa kita lanjutkan tahun mendatang dengan persiapan yang lebih baik dan lebih meriah,” kata camat Luthfi.

Sementara itu, Nor Humaidi salah seorang penonton yang turut meramaikan festival kapal hias tersebut mengatakan, dirinya datang bersama dengan keluarga.

Tentunya tak akan melewatkan keseruan malam takbiran tahun ini, dikarenakan ada kapal hias dan gema takbir menyambut lebaran.” Kami lumayan terhibur" ungkapnya

Dirinya mengatakan kemeriahan tersebut merupakan sebuah tontonan yang sangat menarik bagi masyarakat Negara.

Dirinya berharap, agar tahun depan lebih banyak peserta yang mengikuti festival tersebut agar lebih meriah.

Baca Juga: Ratusan Warga Antre Zakat Polda Kalsel

"Ya semoga tahun depan lebih ramai, kalau tahun ini puluhan kapal, tahun depan lebih banyak lagi,” katanya.

Diketahui, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry, telah mengintruksikan pada camat se kabupaten agar melaksanakan agenda pawai takbiran di kecamatan masing-masing.

Berhubung wilayah negara berada di daerah sungai, maka pawai takbiran dengan kapal. Sedangkan di delapan kecamatan lainnya menggunakan mobil hias.

Reporter: AHC01
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner