Tak Berkategori

Rakor Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan Penanggulangan Kebakaran…

Featured-Image
Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad memimpin rakor Pencegahan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten HSS. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN –Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS menggelarRapat Koordinasi Pencegahan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten HSS, Kamis (20/6/2019).

Rakor dipimpin Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad S.AP MA yang dihadiri SKPD terkait serta camat se kabupaten HSS.

Syamsuri Arsyad berharap lahan kosong agar bisa ditanami dengan pohon-pohon yang rindang sehingga terasa sejuk. Karena salah satu kebijakan 2018-2023 Hijau Desaku diharapkan tidak ada desa yang gersang.

Pada kesempatan itu, Syamsuri berharap ada peta potensi kebencanaan. Hal itu wajib ditunjang SDM yang terukur dan yang terstruktur. Selanjutnya bahan yang berkenaan dengan penanggulangan bencana mulai sekarang sudah disiapkan dan metode cara penanggulangannya. Begitu juga dengan sarana prasarana serta dana.

Khusus soal dana, ia mengimbau bisa diefektifkan. Selain itu juga diharapkan bantuan dari pihak perusahaan lewat dana CSR.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS, Ir H Makmur menyampaikan, jumlah peserta rakor 60 orang, terdiri dari semua unsur kecamatan, dinas terkait dan dari pihak perusahaan.

Ia berharap pelaksanaan kegiatan pencegahan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten HSS dapat dilaksanakan dengan baik.

"Menurut BMKG saat ini masuk musim kemarau, terhitung sejak tanggal 1 Juni 2019. Namun masih ada potensi hujan hingga beberapa tempat terjadi banjir. Kita harus waspada, karena memang tugas pokok dan fungsi dari Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS salah satunya adalah mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan lebih khusus di Kabupaten HSS," katanya.

Kemudian disampaikannya, bukan hanya bencana kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di Kabupaten HSS, seperti pada musim hujan terjadi banjir dan tanah longsor.

Ia pun mengajak untuk saling bahu membahu dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten HSS apalagi menghadapi musim kemarau.

Baca Juga:Rp 224 Juta Anggaran Seragam Wakil Rakyat Baru HSS

Baca Juga:Resmikan Radio Negara Sehati FM, Bupati HSS Sapa Warga Melalui Udara

Reporter: AHC01
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner