Kalsel

Pemprov Kalsel Buka Penerimaan CPNS, Lulusan Teknik Elektromedik Berpotensi

apahabar.com, BANJARMASIN – Selain dokter, perawat, dan bidan, Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM)  punya potensi…

Featured-Image
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muslim. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Selain dokter, perawat, dan bidan, Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) punya potensi besar diterima sebagai PNS Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muslim menjelaskan tenaga ATLM dibutuhkan, karena sebagian rumah sakit atau puskesmas di Kalsel belum banyak memiliki tenaga ahli tersebut.

“ATLM termasuk dalam sub dari sembilan tenaga kesehatan yang dibutuhkan,” kata Muslim, Rabu (26/6/2019).

Dia menjelaskan ATLM punya peran penting dalam suatu rumah sakit. Lulusan ini menguasai teknik peralatan surgery, life support, diagnose, radiologi, laboratorium, terapi, dan kalibrasi. Atau dengan kata lain bisa marawat alat-alat medis yang dimiliki rumah sakit.

Sementara berdasarkan data tenaga kesehatan tahun 2018 dari Dinas kesehatan, Jumlah tenaga kesehatan (nakes) ATLM yang tersedia di Kalsel sebanyak 518 orang.

Baca Juga: Hadiri Pelatihan dasar CPNS, Wagub Kalsel Sampaikan Kiat Sukses Jadi ASN

“Ya yang punya pasti rumah sakit besar, seperti RS Ulin, RS Ansari Saleh. Kalau rumah sakit yang tidak punya, terpaksa dipinjamkan,” terang Muslim.

Tidak hanya itu, Muslim juga mengakui saat ini masih memerlukan Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Bidan, Perawat, kefarmasian, Kesmas, Kesling, Giji, Teknis Medik, Terapan Fisik.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov Kalsel akan membuka pendaftaran CPNS 2019. Dari catatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, kebutuhan PNS tahun ini mencapai 12.191 orang.

Kepala BKD Kalsel, Perkasa Alam menjelaskan, formasi yang diprioritaskan adalah tenaga pendidikan, kesehatan dan beragam tenaga teknis.

"Kita prioritaskan 'Anak Banua'. Sedangkan bidangnya mana? biasanya tenaga pendidikan dan kesehatan," ujar Perkasa.

Sejauh ini, BKD masih menunggu kabar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RI) terkait pendaftaran.

Baca Juga: Tahun Ini 254.173 Lowongan CPNS dan PPPK Dibuka

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner