Kalsel

Mobil Dilarang Melintas di Jembatan Putih Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin akan melakukan perbaikan Jembatan Putih, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin,…

Featured-Image
Jembatan Putih yang menghubungkan kelurahan Kuin Selatan dan Kuin Utara, Kecamantan Banjarmasin Utara. Foto-apahabar.com/Baha

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin akan melakukan perbaikan Jembatan Putih, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, mulai Rabu (26/06/2019). Akibatnya pengendara roda empat dilarang melintasi jembatan yang konstruksinya terbuat dari kayu Ulin.

Perbaikan tersebut karena banyaknya kerusakan diberbagai titik, terutama pada pondasi jembatan dan lantai jembatan yang menghubungkan kelurahan Kuin Selatan dan Kuin Utara tersebut.

Baca Juga: Kabar Gembira, Jalan Perdagangan Kayutangi Segera Diaspal

Rapuhnya pondasi jembatan itu diakibatkan adanya benturan dengan klotok (perahu mesin, red) yang lewat bawah Jembatan Putih.

“Kemarin ada kejadian kesenggol klotok, sehingga lantai Jembatan Putih itu ada kerusakan di sloknya. Mudah-mudahan besok diperbaiki,” terang Kabid Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rustam kepada bakabar.com, Selasa (25/06/2019).

Pemeliharaan salah satu jembatan di Kuin Utara itu, kata Rustam rencananya akan memakan waktu selama 30 hari atau 1 bulan lebih.

Demikian juga apabila material yang diperlukan untuk perbaikan lantai, pondasi dan pagar jembatan tersedia.

“Kita lihat dulu jika material kayu Ulin, ada mungkin perbaikan akan memakan waktu 1 bulan, jika tidak tersedia maka diperkirakan 2 bulan,” bebernya.

Sementara untuk anggaran yang diperlukan dalam pemeliharaan Jembatan Putih sekitar Rp100 juta.

Dana itu, lanjut Rustam bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjarmasin tahun 2019.

Selama perbaikan, jalur jembatan tersebut tidak bisa digunakan atau ditutup selama untuk sementara waktu.

“Jika jembatan sudah selesai diperbaiki, maka saya mengimbau kepada pengendara roda empat agar tidak melalui jembatan,” ungkapnya.

Sebab, ia menerangkan Jembatan Putih cuma diperuntukkan hanya untuk kendaraan roda dua dan sejenisnya. Sedangkan, mobil dialihkan ke jembatan satunya.

“Kami meminta pemilik klotok agar bisa berhati hati saat melewati Jembatan Putih terutama pada saat air sungai pasang,” katanya.

Baca Juga: Siapkan Anggaran Rp23 Miliar, RSUD Sultan Suriansyah Pesan Alkes di Luar Negeri

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner