Nasional

Idul Fitri Momentum Pererat Persaudaraan  

apahabar.com, JAKARTA – Idul Fitri hendaknya menjadi momentum untuk saling mempererat tali persaudara. “Mari kita manfaatkan momentum…

Featured-Image
Ilustrasi mempererat persaudaraan. Foto-Dream

bakabar.com, JAKARTA -Idul Fitri hendaknya menjadi momentum untuk saling mempererat tali persaudara.

“Mari kita manfaatkan momentum Idul Fitri ini untuk lebih mempererat sekaligus memperkuat ikatan persaudaraan kita,” kata Menteri Agama (Menag), Lukman seperti dilansir detikcom dari Antara.

Baca Juga: Makan Dulu Apa Salat ID Dulu?

Menagmenyebut tiga hal yang perlu diperkuat unsur ikatannya yaitu persaudaraan seagama, sebangsa dan sesama umat manusia. Lukman mengajak umat Islam untuk selalu memperkuat dimensi persaudaraan secara universal.

Bagi segenap umat Islam,ia mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah setelah umat Islam menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

“Di bulan Ramadhan, kita berlatih diri mengendalikan hawa nafsu kita, mudah-mudahan di hari rayaIdul Fitriini kita mampu kembali ke jati diri kemanusiaan kita,” katanya.

Adapun pemerintah menetapkan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Rabu (5/6). Pemerintah bersama sejumlah tokoh agama, ilmuwan dan sejumlah unsur masyarakat menjalani Sidang Isbat Awal Syawal untuk menentukan hari H Lebaran.

Baca Juga: Rindu Ramadan

Dari sidang tersebut diputuskan bulan Ramadhan tahun ini digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari setelah melalui penghitungan astronomi, bulan berada di bawah ufuk.

Selain itu, dari sejumlah perukyat yang ditempatkan di 105 titik di seluruh Indonesia tidak ada satu pun yang melihat bulan baru (hilal) setelah matahari terbenam (bakda ghurub).

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner