Tak Berkategori

Hari Pertama Lebaran, Bandara Syamsudin Noor Capai 5.093 Penumpang

apahabar.com, BANJARBARU – Menginjak hari pertama lebaran, animo pemudik melalui Bandara Syamsudin Noor rupanya masih cukup…

Featured-Image
Calon penumpang pesawat terbang saat proses cek in tiket di Bandara Syamsudin Noor. Foto: Antaranews.com

bakabar.com, BANJARBARU – Menginjak hari pertama lebaran, animo pemudik melalui Bandara Syamsudin Noor rupanya masih cukup tinggi. Tercatat, jumlah penumpang pesawat terbang menembus angka 5.093 orang.

Manager Operasi Bandara Syamsudin Noor Ruly Artha mengatakan, untuk pergerakan pesawat ada 27 yang datang dengan jumlah penumpang 1.281 orang.

Baca Juga: H+1 Idulfitri, Tingkat Keterisian Hotel di Banjarmasin Meningkat 70%

Sedangkan yang berangkat dari Banjarmasin sebanyak 29 kali penerbangan dengan jumlah penumpang 3.812 orang.

“Dibanding Lebaran tahun lalu ada penurunan 48,82% untuk kedatangan dan 37,23% untuk keberangkatan,” terang Ruly di Banjarbaru, Kamis, dikutip bakabar.com dari Antara.

Sementara, ada tambahan rute Banjarmasin ke Surabaya dua penerbangan, Banjarmasin ke Semarang dua penerbangan dan Banjarmasin tujuan Yogyakarta satu kali penerbangan serta sebaliknya, juga tidak digunakan oleh maskapai lantaran jumlah penumpang yang sedikit.

Baca Juga: H+1 Idulfitri, Terminal Pal 6 Sepi Penumpang

Adapun untuk total penerbangan yang datang sejak H-7 hingga Lebaran mencapai 327 kali dengan jumlah penumpang 25.568 orang.

Sementara pesawat yang berangkat dari Bandara Syamsudin Noor sebanyak 328 kali dengan total penumpang 47.725 orang.

“Kesimpulannya untuk arus mudik kali ini dan seperti juga tahun-tahun sebelumnya, jumlah penumpang yang keluar dari Banjarmasin lebih banyak daripada yang datang. Artinya, banyak warga pendatang bekerja di Kalsel ketimbang orang Banjar yang merantau,” jelas Ruly.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Ribuan Pemudik Berangkat dari Terminal Pal 6

Untuk arus balik sendiri, Ruly memprediksi pada Sabtu (8/6) mendatang, dikarenakan pada Senin (10/6) seluruh pegawai instansi pemerintah dan perkantoran mulai kembali normal beraktivitas setelah cuti Lebaran Idul Fitri.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner