Kalsel

Banjarbaru Contoh Mal Pelayanan Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Dianggap paling minimilis, Banjarbaru berusaha mencontoh Mal Pelayanan milik Barito Kuala. Diluncurkan awal…

Featured-Image
Kunjungan Komisi I DPRD dan Disdukcapil Banjarbaru ke Mal Pelayanan Publik Barito Kuala. Foto-Humpro Setda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Dianggap paling minimilis, Banjarbaru berusaha mencontoh Mal Pelayanan milik Barito Kuala.

Diluncurkan awal 2019, Mal Pelayanan Publik yang diinisiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batola ini merupakan pusat layanan satu atap pertama di Kalimantan Selatan.

Tersedia 21 layanan yang diberikan, di antaranya perizinan, KTP elektronik, akte kelahiran, pendaftaran dan konsultasi BPJS, kartu pencari kerja, pemasangan PDAM, serta konsultasi dan pembayaran pajak.

Kesuksesan Mal Layanan Publik Batola ini menggoda Komisi I DPRD dan Disdukcapil Banjarbaru untuk melihat langsung, Selasa (25/06/2019).

“Sebenarnya kami sudah melihat fasilitas serupa di daerah lain. Namun dalam bentuk yang lebih besar, sehingga dipastikan banyak biaya,” papar Dra Hj Sri Fatma Karmaidita, Kadisdukcapil Banjarbaru.

“Sedangkan fasilitas di Batola lebih minimalis. Seiring ketersediaan anggaran, kami kemungkinan mencoba mengadopsi Mal Pelayanan Batola,” tambahnya.

Oleh karena Banjarbaru memiliki pertumbuhan penduduk yang cukup pesat, keberadaan pelayanan satu atap mempermudah masyarakat.

Uniknya pendirian Mal Pelayanan Batola diawali dari rencana pemanfaatan bekas gedung DPRD. Sebelumnya di gedung berlantai dua itu, Disdukcapil menempati lantai dasar.

“Pendirian Mal Pelayanan ini juga memenuhi keinginan Bupati Batola dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” sahut Drs H Jakuinudin MSi, Kepala Disdukcapil Batola.

Baca Juga:Elektronifikasi Menuju Transparansi Keuangan Daerah

Baca Juga:Dishub dan Polresta Kota Gelar Razia, Juru Parkir Ikut Terseret

Reporter: AHC13
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Tags
Kalsel


Komentar
Banner
Banner