Pemkab Tanah Bumbu

358 Hektare Sawah di Tanah Bumbu Terendam Banjir

apahabar.com, BATULICIN – Banjir yang melanda Kabupaten Tanah Bumbu sejak Sabtu kemarin menyebabkan ratusan hektare sawah…

Featured-Image
Salah satu rumah warga yang nyaris tenggelam karena banjir pada Sabtu kemarin. Foto-istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Banjir yang melanda Kabupaten Tanah Bumbu sejak Sabtu kemarin menyebabkan ratusan hektare sawah terendam. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Tanah Bumbu, ada 385 hektare sawah dari 6 kecamatan yang terendam akibat banjir.

Kepala Dinas Pertanian, H. Budi, menerangkan lahan pertanian yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Karang Bintang, Kusan Hulu, Mantewe, Batulicin, Simpang Empat, dan Satui.

Budi menjelaskan mayoritas lahan yang terendam merupakan lahan masyarakat untuk menanam padi. Namun, lanjut dia, sebagian di antaranya juga ada lahan pertanian untuk menanam jagung, kacang hijau dan kacang tanah.

“Di Kecamatan Mantewe juga ada lahan tanaman jagung dan kacang yang terendam,” katanya kepadabakabar.com, Minggu (9/6/2019).

Berdasarkan data tersebut, Kecamatan Karang Bintang menjadi wilayah yang lahan pertaniannya paling luas terdampak bencana banjir yakni mencapai 98 hektare. Kemudian, disusul Kecamatan Simpang Empat 90 hektare,Kusan Hulu 83 hektare, Satui58 hektare, Batulicin 38 hektare, dan Mantewe 17 hektare.

Intensitas hujan yang tinggi dinilai menjadi penyebab utama bencana banjir di Tanah Bumbu. Pada Sabtu kemarin, hujan mengguyur nyaris seluruh wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dari pagi sampai malam. Hal itu menyebabkan sejumlah wilayah di beberapa kecamatan terendam banjir.

Baca Juga: Tanah Bumbu Siaga, Banjir Mulai Merendam Rumah Warga!

Baca Juga: Pemukiman Warga Kotabaru Terendam Banjir, BPBD Pastikan Bukan Akibat Jebolnya Waduk Tirawan

Reporter: Puja Mandela
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner