Tak Berkategori

Ramadan 2019, Balangan dan Banjarmasin Waspada Kebakaran

apahabar.com, BANJARMASIN – Memasuki Ramadan 1440 H, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, dan Banjarmasin…

Featured-Image
Petugas Damkar Jaktim tengah berusaha mengevakuasi 3 penghuni ruko yang terjebak pada kebakaran, akhir Januari 2019. Foto-apahabar.com/Badri

bakabar.com, BANJARMASIN – Memasuki Ramadan 1440 H, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, dan Banjarmasin kompak mewaspadai bencana kebakaran.

BPBD Kota Banjarmasin misalnya, mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai potensi bencana di tengah terik matahari.

“Kami menyerukan kepada masyarakat agar tetap waspada saat cuaca begini. Dan tidak melakukan hal ceroboh ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api,” terang Kepala Pelaksana BPBD Banjarmasin, Muhammad Hilmi kepada bakabar.com.

Imbauan tersebut dirasa perlu diberikan BPBD kepada masyarakat karena sudah banyak petaka yang ditimbulkan si jago merah karena panasnya suhu cuaca.

Hilmi juga menerangkan agar warga tidak melakukan hal ceroboh ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api.

Sebab di tengah cuaca begini, sedikit percikan api pun akan berakibat fatal sehingga membahayakan semua orang.

Baca Juga: Warga Mangga Gelar Tolak Bala, Berharap Jauhkan Dari Kebakaran

“Cuaca kan panas terik, jadi jangan membuang puntung rokok sembarangan. Jika kebakarannya sudah besar, masuk kategori bencana, apalagi mengancam keselamatan penduduk, maka kita wajib untuk bersama-sama menanggulanginya,” ungkapnya.

Kepada masyarakat, kata Hilmi, untuk proaktif membangun komunikasi dengan aparat setempat jika mengalami musibah atau mengetahui ada terdampak bencana di lokasi tempat tinggal.

“Jika penanggulangan dilakukan segera maka dimungkinkan akan mampu menekan jatuhnya korban. Makanya butuh koordinasi dan komunikasi yang terbuka,” katanya.

Semua itu bertujuan, kata Hilmi agar warga yang mengalami musibah bencana bisa segera mendapat pertolongan demi meminimalkan jatuhnya korban jiwa.

Dari Balangan, BPBD mengimbau warga memastikan keamanan rumah saat hendak berpergian. Selain kebakaran, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Balangan, Muhammad Syuhada menilai kasus pencurian juga berpotensi terjadi.

"Pastikan kompor dalam keadaan aman, listrik arus pendek dalam keadaan aman, pintu dan jendela rumah dalam keadaan terkunci," ucap Syuhada kepada bakabar.com.

Baca Juga: Disebut Terbanyak se-Asia, Begini Riwayat Pemadam Kebakaran di Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi/Ahc 08
Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner