Tak Berkategori

Pedagang Pasar Ramadan Diingatkan Jangan Gunakan Bahan Berbahaya 

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Achmad Fikry MAP mengingatkan pedagang Pasar…

Featured-Image
Isteri orang nomor satu di HSS, Hj Isnaniah A Fikry saat berbelanja di Pasar Ramadan Negara sambil membawa dan menggunakan tas belanja anyaman purun. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Achmad Fikry MAP mengingatkan pedagang Pasar Ramadanuntuk tidak menggunakan zat pengawet dan pewarna berbahaya dalam makananan dan minuman yang dijual. Karena itu sangat merugikan konsumen yang membeli makanan untuk berbuka.

“Kepada para pedagang untuk tidak menggunakan zat-zat yang tidak diperkenankan secara kesehatan. Sehingga yang dijual aman dikonsumsi," kata Bupati Achmad Fikry saat membuka Pasar Ramadan Tahun 1440 Hijriah di Dermaga Negara Kecamatan Daha Selatan.

Bupati berharap Pasar Ramadan ini bisa mempermudah masyarakat untuk membeli keperluaan berbuka puasa dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Pasar Ramadan di HSS, Sajikan Kuliner Daerah

"Kita mulai Pasar Ramadan, kalau memang perkembangannya bagus, kedepan diperluas sampai ke pelataran pelabuhan. Sehingga semua pedagang bisa menyajikan jualan terpusat di sini," harap bupati.

Ia juga mengimbau masyarakat Negara agar bisa memanfaatkan Pasar Ramadan yang ada untuk memenuhi keperluan rumah tangganya untuk berbuka puasa dan lain-lain. Selain itu, diharapkan UMKM melalui pedagang takjil puasa bisa berkembang di masa yang akan datang.

Bupati Fikry juga bersyukur situasi dan kondisi masih bagus pada Ramadhan. Di pasar yang naik bawang merah, bawang putih, gula putih, beras lokal.

Untuk itu, Bupati meminta kepada Dinas Perdagangan apabila harga gula terus meningkat maka akan dilakukan operasi pasar bagi masyarakat yang tidak mampu.

Senada dengan bupati, Kepala Dinas Perdagangan H M Sufiani S Sos mengatakan pada saat pembinaan atau sosialisasi pasar Ramadan, pihaknya selalu menyampaikan imbauan kepada para pedagang yang menerima fasilitas tenda untuk berjualan.

Pedagang juga diingatkan agar menyajikan makanan berbuka puasa yang sehat dan memenuhi standar kesehatan, seperti tidak menggunakan bahan tambahan pangan berbahaya dalam makanan.

Disela peninjauan, Bupati Achmad Fikry didampingi isterinya Hj Isnaniah A Fikry, berbelanja sambil membawa dan menggunakan tas belanja anyaman purun.

Itu tandanya ia mengajak masyarakat ketika berbelanja ke pasar, bawalah tas sendiri. Itu dilakukan agar dapat mengurangi banyaknya sampah plastik.

Baca Juga: Bupati HSS Ajak Semua Pihak Taat Bayar Pajak

Reporter: AHC01
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner