Tak Berkategori

Libur Lebaran, Layanan IGD RSUD Ulin Standby 24 Jam

apahabar.com, BANJARMASIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin siap memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien…

Featured-Image
Direktur Utama RSUD Ulin Banjarmasin, Suciati saat dimintai keterangan oleh awak media terkait beroperasinya RSUD Ulin di libur lebaran. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin siap memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien selama libur Idul Fitri 1440 Hijriah.

Direktur Utama RSUD Ulin Banjarmasin, Suciati memastikan pelayanan 24 jam untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD), kamar bedah, farmasi, laboratorium, bank darah, radiologi, rawat inap, dan rawat intensif telah disiapkan.

Demikian untuk mengantisipasi jika kalau terjadi lonjakan jumlah pasien saat libur hari besar.

"Tenaga dokter spesialis, dokter umum, dan perawat yang kompeten, serta persediaan obat-obatan dan alat kesehatan kami selalu siap," kata Suciati kepada awak media, Rabu (29/5).

Mengantisipasi peningkatan kunjungan IGD, lanjut Suciati, Rumah Sakit rujukan tersebut melakukan pembenahan dengan menambah kapasitas doktor dan perawat IGD. Sehingga, IGD mampu menampung paling sedikitnya puluhan pasien sekaligus dan menambah kapasitas ruang pendaftaran IGD.

"Penambahan kapasitas tersebut akan mempercepat pelayanan IGD. Terutama saat terjadi penambahan jumlah pasien seperti pada masa libur Lebaran. Jangan lupa juga, pasien gawat darurat dapat langsung ke IGD,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, saat ada kejadian massal seperti keracunan makanan, maka Rumah Sakit menyediakan personel lengkap untuk mencegah adanya insiden yang tidak diinginkan.

“Jika ada kejadian massal, 48 perawat di IGD 12 akan kita turunkan. Apabila dibutuhkan ruangan rawat inap juga akan dibuka,” ungkapnya.

Menurutnya, biasa pasien datang ke rumah sakit menderita kasus ringan seperti flu dan sakit perut. Sedangkan untuk kecelakaan lalu lintas ada namun tidak terlalu dominan.

Baca Juga: Antisipasi Lebaran, Belasan SPBU di Kalsel Beroperasi 24 Jam

Baca Juga: BPJS Kesehatan Buka Pelayanan Peserta JKN-KIS di Libur Lebaran

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner