Tak Berkategori

H+1 Operasi Ketupat, Ratusan Polisi Sisir Sejumlah Lokasi

apahabar.com, BANJARMASIN – Ratusan polisi Polda Kalsel mulai diterjunkan ke sejumlah titik konsentrasi masyarakat. Hari pertama…

Featured-Image
Ditlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto saat memberikan arahan kepada 179 personil Polda Kalsel sebelum diterjunkan ke lapangan, Kamis (30/5) pagi. Foto-apahabar.com/Eddy

bakabar.com, BANJARMASIN – Ratusan polisi Polda Kalsel mulai diterjunkan ke sejumlah titik konsentrasi masyarakat. Hari pertama pelaksanaan operasi Ketupat Intan 2019, Polda Kalsel menerjunkan 179 personel.

Jelang peringatan kematian Isa Almasih, fokus utama petugas gabungan adalah pengamanan gereja. Pasukan yang diterjunkan pun beragam, mulai dari Polantas, Sabhara, Brimob hingga Ditpolair.

Pantauan bakabar.com, mereka melakukan patroli secara mobile guna memastikan pelaksanaan Misa berjalan aman dan lancar.

Kepada bakabar.com, Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto menerangkan, ratusan anggotanya itu tidak sekedar malakukan patroli.

“Mereka juga berjaga di dalam gereja dan luar gereja. Dalam pengamanan tersebut, tim Gegana dan anjing pelacak juga kami kerahkan,” jelas Muji. .

Sejauh ini, perwira polisi berpangkat tiga melati itu memastikan situasi aman terkendali. “Kita doakan agar aman sampai selesai,” ucap Muji diplomatis.

Lebih jauh Muji menerangkan, ratusan personel itu dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka ditugaskan melakukan penjagaan dan pengaturan di lokasi konsentrasi masyarakat.

Misalkan Pasar Wadai sore hari di Taman Kamboja. Kemudian Pasar Tandu di Jalan Ahmad Yani Km 7 Kertak Hanyar, Pasar tradisional seperti Sudimampir, Pasar Ujung Murung hingga beberapa Pasar Modern semisal Duta Mall.

Terpisah, Kabid Humas Pold Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai meambahkan, operasi ketupat yang diselenggarakan 2019 ini bersamaan dengan tahapan pemilu.

“Sudah tentu ini membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan operasi Ketupat semakin kompleks,” ujar Rifai.

Oleh karenanya, Rifai meminta semua petugas yang terlibat dalam operasi ini bisa menjaga kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi segala kemungkinan gangguan.

Selain itu, pihaknya juga meminta para polisi di lapangan terus memelihara soliditas dan sinergitas serta menghindari tindakan yang melanggar aturan.

“Laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan, dan tanggung jawab, demi keberhasilan pelaksanaan operasi dan terciptanya suasana aman dan damai di Banua,” pungkas dia.

Baca Juga: Gelar Apel Operasi Ketupat Intan 2019, Polri dan TNI di HST Siapkan Pengamanan Idul Fitri

Baca Juga: Operasi Ketupat Dimulai, Polda Kalsel Siagakan Ratusan Pasukan Gabungan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner