Tak Berkategori

Bupati HSS Gagas Program Ibu Asuh Lansia

apahabar.com, KANDANGAN – Kesehatan masyarakat lanjut usia (Lansia) tak luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten HSS di…

Featured-Image
Bupati HSS H Achmad Fikry bersama tim verifikasi Kemensos RI, Afrinaldi. Foto-Humas HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Kesehatan masyarakat lanjut usia (Lansia) tak luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten HSS di bawah kepemimpinan Bupati Drs H Achmad Fikry.

Lahirnya Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia jadi payung hukum untuk memberi pelayanan terbaik bagi kesejahteraan Lansia.

img

Kepala OPD saat menghadiri kedatangan Tim Verifikasi pemberian kesejahteraan lanjut usia di Aula Rakat Mufakat. Foto-Humas HSS

Saat ini, Pemkab HSS tengah menggagas sebuah program anyar bertajuk ‘Ibu Asuh Lansia’.

Baca Juga: Naik Bus Air ke Desa Tanjung Selor, Bupati HSS Pastikan Jalan Batang Alai ke Muning Digarap Tahun Ini

Achmad Fikry mengatakan, usai kedatangan tim verifikasi pemberian kesejahteraan lanjut usia.

Setiap verifikasi pada penilaian itu yang penting input. Di mana input dari tim bahwa setiap OPD punya Lansia Asuh.

"Insya Allah akan ditindaklanjuti dan akan dirembukan. Jadi Kepala SKPD minimal ada satu Lansia Asuh, yang nantinya akan kita verifikasi Lansia yang sangat membutuhkan dan Lansia yang tidak punya keluarga lagi. Lansia tidak hanya sekedar butuh keperluan sandang, pangan, papan. Kadang-kadang mungkin kasih sayang tidak mereka dapatkan,” ujar Achmad Fikry.

Nah, untuk lansia yang diasuh nanti akan diverifikasi yang betul-betul membutuhkan perhatian dan bantuan, karena tidak ada lagi keluarganya.

Baca Juga: Wabup HSS Diminta Tangani Kualitas Air Sungai Amandit

"Semoga dengan kepala OPD mengasuh dan bisa memberikan perhatian seminggu atau sebulan sekali membahagiakan mereka," ujarnya.

Jika semua kepala OPD sudah mendapatkan lansia asuh, lanjut Fikry, suatu saat akan mempertemukan mereka semua, bahwa mereka tidak sendiri. "Inilah semangat yang kita berikan, bahwa mereka tidak sendiri dan kita ada bersama mereka berbagi kebahagian," ujar Fikry.

Walaupun bantuan beras, rumah dan jaminan hidup sudah diberikan oleh Pemkab HSS, tetapi mereka masih membutukan orang untuk diskusi.

Lansia pun akan disarankan untuk bisa mengolah halaman mereka dan lain-lain, yang nantinya akan dibicarakan dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup setempat.

Baca Juga: Pesan Bupati HSS di Rakor Bulan Mei

Reporter: Ahc01Redaktur: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner