Tak Berkategori

Ketika Kartini HSS Berbagi Pengalaman Hidup

apahabar.com, KANDANGAN – Ada yang berbeda pada peringatan Hari Kartini di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)….

Featured-Image
Bupati HSS, H Achmad Fikry dan ketua TP PKK foto bersama usai menghadiri peringatan Hari kartini di Pendopo Kabupaten. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Ada yang berbeda pada peringatan Hari Kartini di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Sebab sejumlah perempuan 'tangguh', dari bidan, petugas kebersihan, guru honorer desa terpencil, hingga ibu rumah tangga berbagi pengalaman hidup.

Pada kesempatan itu, seorang bidan berbagi pengalaman terkait pekerjaannya. Dalam testimoni, bidan berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam proses kelahiran agar dibantu petugas kesehatan.

Seorang tenaga pendidik yang bertugas di daerah terpencil, di Haratai 3 juga berbagi pengalaman betapa berat perjuangan seorang guru yang tidak mengenal medan dan kadang kala harus mengorbankan keluarga untuk menghantarkan anak-anak agar terpelajar.

Ada juga cerita seorang ibu dengan dengan keterbatasan ekonomi bisa menghantarkan anaknya menjadi seorang sarjana dan sekarang sudah menjadi seorang guru.

Baca Juga: Ini Imbauan Selama Ramadan di HSS

"Dari testimoni ini menyadarkan kita betapa berat peran seorang wanita selain menjadi ibu rumah tangga dan juga mencari nafkah untuk membantu keluarga," ujar Bupati HSS Achmad Fikry.

Ia berharap dengan peringatan Hari Kartini ini bisa lebih mendorong semangat untuk terus menggelorakan cita-cita untuk mengangkat harkat dan martabat kaum wanita.

Kemudian disampaikan Bupati tema Hari Kartini kali ini adalah "Keteladanan Kartini Membangkitkan Semangat Peningkatan Peran Perempuan dalam Pembangunan Bangsa".

Tema ini sangat selaras dengan testimoni yang disampaikan ibu-ibu bagaimana perjuangan seorang wanita dalam berkiprah sesuai dengan profesi masing masing. Ada ibu rumah tangga yang merangkap sebagai tenaga pendidik untuk menghantarkan anaknya yang berkebutuhan khusus sampai anaknya bisa mandiri dan sukses.

“Ini menjadi inspirasi bagi kita bahwa anak yang berkebutuhan khusus bukan dikesampingkan tetapi didorong agar sejajar dengan anak-anak yang lain,” katanya.

Bupati Achmad Fikry juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan panitia penyelenggara dalam rangka Hari Kartini. Sebab berbagai kegiatan yang dilaksanakan sangat menyentuh untuk kepentingan kaum wanita seperti tes kanker serviks.

Diera sekarang tidak ada lagi perbedaan antara kaum wanita dan pria dalam berbagai hal baik dalam Bidang Pemerintahan, Keamanan, TNI, Polri, Bidang Politik, Anggota DPRD, Anggota DPR RI.

Bupati berharap kedepan peran wanita dalam bidang politik bisa lebih banyak lagi, sehingga bisa menyuarakan aspirasi wanita di lembaga DPRD.

Baca Juga: 'Srikandi Aluh Idut', Relawan Bencana HSSSiap Beraksi

Bupati menambahkan tentu Peringatan Hari Kartini hendaknya tidak terjebak dengan rutinitas belaka tetapi momentum ini bisa menjadikan kita bisa lebih memberdayakan kaum wanita bisa lebih baik lagi dimasa-masa yang akan datang.

Bupati juga mengajak untuk bersama-sama membangun HSS mewujudkan Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk kesejahteraan dunia dan akhirat.

Turut hadir pada peringatan hari kartini Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj.Isnaniah Achmad Fikry, Ketua DPRD H Akhmad Fahmi,SE, Ketua GOW Kabupaten HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad,Forkopimda HSS, para pejabat Pemkab HSS beserta isteri, para Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten HSS.

Reporter: AHC01
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner