Tak Berkategori

Bupati Genjot Kualitas Pelayanan Petugas Desa di Bidang Kependudukan

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry membuka Sosialisasi Kependudukan dan…

Featured-Image
Sosialisasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019 di Gedung Kesenian, Kandangan, Kabupaten HSS, Kamis (25/04/2019). Foto-Kominfo HSS.

bakabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry membuka Sosialisasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019, Kamis (25/04/2019).

Kegiatan yang digelar di Gedung Kesenian ini diikuti 148 orang dari seluruh perangkat desa & kelurahan setempat.

Bupati H Achmad Fikry menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini. Dikatakannya bahwa hal ini memang sangat mutlak diperlukan pada era teknologi dewasa ini.

Mengingat sumber daya manusia sekarang harus selaras dengan perkembangan zaman.

“Pelayanan bisa maksimal apabila petugas di desa memahami tugas dan proses di bidang kependudukan ini. Data kependudukan dan pencatatan sipil itu bersifat dinamis, yang selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga berbagai kebijakan pemerintah pun akan menyesuaikan,” katanya.

Untuk itu perlu dibutuhkan perangkat desa yang selalu mampu mengikuti perkembangan.

Paling tidak, desa dan kelurahan sebagai ujung tombak pelayanan, harus mempunyai data yang valid dan terkini tentang kependudukan di desa yang bersangkutan.

Bupati Achmad Fikry juga menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya agar semua warga masyarakat bisa memiliki dokumen catatan sipil.

Untuk daerah terpencil sendiri Pemkab HSS sudah mengambil kebijakan dengan mengadakan pelayanan catatan sipil di Kecamatan Daha dan Loksado.

Sehingga masayarakat di dua wilayah terjauh ini bisa mendapatkan pelayanan yang mudah tanpa harus ke Kandangan, sebagai ibukota kabupaten.

Yang terbaru juga adalah pelayanan Samsat di Nagara. Hal ini sebagai wujud pemenuhan dari keinginan masyarakat untuk mendapatkan percepatan pelayanan.

Kegiatan sosialisasi ini sekaligus merupakan upaya Pemkab dalam mensukseskan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas pelayanan yakni Go Digital dan GISA.

Go Digital adalah berupa tanda tangan elektronik dan akte online, sedangkan GISA adalah Gerakan Indonesia Sadar Adminduk.

Dan ini harus dimulai dari tataran paling bawah, yakni Aparat Desa Dan Kelurahan.

Sementara itu, sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rachmat, S.Sos, MM, menyebutkan acara ini diselenggarakan dengan tujuan agar para perangkat desa dan kelurahan sebagai perpanjangan tangan pemerintah.
Harapannya mereka mampu memahami sekaligus menyampaikan kepada masyarakat terkait kebijakan pemerintah, dalam hal data kependudukan dan pencatatan sipil di daerah ini.

Adapun sebagai narasumber dalam acara sosialisasi kali ini adalah tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil HSS.

Baca Juga:Deklarasi Menjaga Kedamaian Pasca Pemilu di HSS

Baca Juga:Bupati HSS Presentasi Langsung ke Tim Penilai WTN

Reporter: AHC01
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner