Tak Berkategori

Aptrindo Jamin Angkutan Kebutuhan Pokok Hingga Lebaran Aman

apahabar.com, BANJARMASIN – Menjelang Ramadhan, Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (DPD Aptrindo) Kalimantan Selatan memastikan bahwa armadanya…

Featured-Image
Suasana angkutan barang dan sembako di pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Foto-Istimewa

bakabar.com,BANJARMASIN –MenjelangRamadhan, Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (DPD Aptrindo) Kalimantan Selatan memastikan bahwa armadanya siap dalam mendukung angkutan logistik kebutuhan bahan pokok selama puasa dan hingga Idul Fitri.

"Anggota kami diperkirakan ada 107. Tiap anggota memiliki puluhan armada. Jumlah ini mungkin bertambah untuk mendukung angkutan logistik selama bulan puasa hingga lebaran," ujar Ketua DPD Aptrindo Kalsel, Laode Bahasani melalui Kabid Antarlembaga, Bambang Supriono, di Banjarmasin, Rabu (4/4).

Pihaknya berjanji meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Pengemudi truk pun harus bebas dari minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Sehingga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan truk angkutan barang.

Baca Juga: Secara Yoy TPK di Kalsel Turun 7,89 Persen, Mercure Hotel: Faktor Kenaikan Tiket Penerbangan

Untuk itu, ia menyatakan dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama dengan stakeholder guna meningkatkan profesionalisme awak angkutan truk.

"Memang pemicu kecelakaan diantaranya mengantuk, kelelahan yang dipaksakan, selain itu ada juga faktor lain. Seperti, pengemudi membawa kendaraan dibawah pengaruh minuman beralkohol atau obat obatan terlarang lainnya. Maka APTRINDO akan memberikan pelatihan dan sertifikasi bagi supir yang dinilai telah layak mengemudi,” ujarnya.

Laode mengatakan, pihaknya saat ini menjalin hubungan dengan semua komponen, diantaranya dengan Pemprov Kalsel guna menambah kekuatan untuk menciptakan dan mengembangkan iklim usaha yang kondusif, bersih, dan transparan khususnya di bidang angkutan barang melalui jalan darat.

Dia juga mengapresiasi pemerintah terkait dengan pembangunan infrastruktur yang dinilainya sangat membantu menekan waktu dalam pengiriman logistik. Selain itu dapat meringankan biaya perawatan armada angkutan.

“Dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan yang saat ini tengah digenjot oleh pemerintahan Jokowi,setidaknya dapat mengurangi biaya perawatan kendaraan. Seperti pergantian spare part, jadi lebih panjang usianya. Karena, selama ini anggota kami sebelumnya mengeluhkan kondisi jalan yang mengalami kerusakan,” katanya.

Terkait dengan dinamika politik jelang Pemilu serentak, Pileg dan Pilpres 2019, pihaknya mengajak kepada awak armada yang tergabung di DPD Aptrindo Kalsel untuk menjaga Pemilu damai yang sejuk dan bermartabat.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Biang Kerok Inflasi Kalsel Bukan Bahan Makanan

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner