Tak Berkategori

Penting! Biddokkes Polda Kalsel Berikan Tips untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul

apahabar.com, BANJARMASIN – Ratusan ribu warga dari segala penjuru Kalimantan Selatan dipastikan akan memadati kawasan Sekumpul…

Featured-Image
Suasana saat haul sekumpul. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Ratusan ribu warga dari segala penjuru Kalimantan Selatan dipastikan akan memadati kawasan Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar jelang perayaan haul ke 14 ulama bernama lengkap KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

Bagi mereka yang menempuh perjalanan jauh, tentu menjadi kegiatan yang melelahkan. Saat tubuh berada dalam kondisi tersebut, ancaman terserang penyakit atau mengalami kecelakaan pun lebih besar terjadi.

Untuk itu, menjaga kesehatan tubuh sebelum dan saat berangkat menghadiri Haul Guru Sekumpul pun wajib dilakukan agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut tips tips kesehatan yang diberikan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel untuk memastikan tubuh selalu berada dalam kondisi fit.

Baca Juga:H-3 Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Relawan Kebersihan Butuh 20.000 Kantong Sampah

  1. Jangan Paksa Diri

Sebelum berangkat ke acara Haul Guru Sekumpul, wajib memeriksa kesehatan terlebih dahulu.Tidak memaksakan diri menghadiri Haul Guru Sekumpul ketika kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

"Haul Guru Sekumpul dan kesehatan sama-sama pentingnya. Tetapi jika kondisi sakit, tetap saja kesehatan harus diutamakan," ujar Paur Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn ZH MARS, MH, Kes melalui Paur Doksik Iptu Supriadi Noor.

  1. Jangan Berkendara dalam Keadaan Ngantuk

Bagi yang menempuh perjalanan jauh ke lokasi Haul, jangan mengendarai motor atau mobil dalam keadaan tubuh lelah dan mengantuk. Karena berkendara dalam keadaan mengantuk sama bahayanya dengan berkendara dalam kondisi mabuk.

"Bahaya mengantuk itu bisa bikin kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara menurun. Respons refleks menjadi buruk. Bisa berujung kecelakaan," ujarnya.

  1. Bawa Anak Kecil

Bepergian dengan membawa anak kecil adalah sebuah hal yang seringkali dianggap sulit bahkan menakutkan. Karenanya, pastikan keamanan anak dan dalam pengawasan.

  1. Banyak Minum

Sering minum tidak menunggu haus. Saat acara Haul Guru Sekumpul nanti, ratusan ribu jamaah diperkirakan hadir, tentu akan menimbulkan suhu yang meningkat. Waspadai resiko kekurangan cairan dan heat stroke.

  1. Obat-obatan

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi atau vitamin dan mengkonsumsinya secara teratur sesuai anjuran dokter. Sehingga tidak panik saat pelaksanaan Haul.

  1. Sedia Payung

Saat ini cuaca tidak menentu. Karena itu, tidak ada salahnya saat akan menghadiri haul untuk menyediakan payung. Payung tidak hanya berguna saat hujan turun,tapi payung juga bisa untuk menahan teriknya matahari.

7.Posko Kesehatan

Apabila ada keluhan kesehatan,segera datangi posko kesehatan yang tersebar di 99 titik. Di posko itu beberapa dokter dan paramedis menangani keluhan kesehatan secara cuma-cuma untuk jemaah Haul Guru Sekumpul

Baca Juga: 70 Relawan Siap Dokumentasikan Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner