Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Kampanyekan “Ganti Rokok dengan Permen”

apahabar.com, BATULICIN – Jika beberapa tahun lalu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mulai membatasi kebebasan para…

Featured-Image
Kampanye Ganti Rokok dengan Permen digelar di Taman Education Park, Batulicin, Minggu (24/3/2019). Foto-Forum Anak Daerah

bakabar.com, BATULICIN - Jika beberapa tahun lalu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mulai membatasi kebebasan para perokok di kantor-kantor pemerintahan, saat ini suara-suara anti rokok di Bumi Bersujud makin meluas.

Forum Anak Daerah, misalnya, mulai mengkampanyekan untuk mengganti rokok dengan permen. Di Tanbu, kampanye itu digelar di Taman Education Park, Batulicin, Minggu (24/3/2019). Kampanye ini juga dilaksanakan secara serentak di sejumlah daerah di Kalsel.

Wakil Bupati Tanbu, Ready Kambo, saat membuka kegiatan Kampanye Ganti Rokok dengan Permen, menilai, mengganti rokok dengan permen merupakan gerakan yang efektif agar anak-anak menjauhi rokok.

Ia mengatakan, anak-anak juga membutuhkan udara segar yang bebas asap rokok.

Asap rokok, kata Ready, memiliki dampak negatif yang berbahaya. Jika dihirup oleh anak-anak, asap rokok berpotensi menyebabkan infeksi saluran pernafasan, bahkan kematian mendadak.

Baca Juga: Libatkan Ratusan Relawan, Surat Suara di Tanbu Mulai Dilipat Hari Ini

Kepada para perokok aktif, Ready juga mengimbau agar segera berhenti merokok. Ia meminta kepada para orang tua yang aktif merokok untuk memperhatikan kesehatan dan masa depan anak-anak.

Menurut Ready, kesehatan anak-anak perlu dan penting diperhatikan. Sebab, kata dia, anak-anak merupakan generasi penerus masa depan yang akan menjadi pilar utama pembangunan.

“Kesehatan mereka harus kita lindungi,” kata Ready.

Oleh karena itu, Ready Kambo meminta kepada seluruh masyarakat untuk mendukung upaya dari pemerintah untuk membuat generasi masa depan lebih sehat.

"Kalau kita bertekad berhenti merokok, berati kita sudah berusaha memberi hak sehat bagi semuanya," kata Ready Kambo.

Gerakan Ganti Rokok dengan Permen ditandai dengan pelepasan balon oleh Ready Kambo bersama Forum Anak Daerah dan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Bumbu sekaligus penandatanganan komitmen bersama.

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner