Tak Berkategori

Pembuatan SIM Tanpa Tes di MRS Festival 2019, Benarkah?

apahabar.com, BANJARMASIN – Merebaknya kabar pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dalam gelaran ’Millennial Road Safety…

Featured-Image
Untuk mendapatkan SIM, harus melalui ujian praktek. Foto-Radar Bogor

bakabar.com, BANJARMASIN – Merebaknya kabar pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dalam gelaran 'Millennial Road Safety Festival Polda Kalimantan Selatan 17 Maret 2019 mendatang di area Car Free Day Perkantoran Setdaprov Kalsel di Jalan Trikora Banjarbaru. Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel dengan tegas mengatakan bahwa hal itu tidak benar alias hoaks.

Ditlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto mengatakan, pembuatan SIM yang dipatok Rp200.000 tanpa tes se Kalsel adalah berita bohong (hoaks). Ia merasa dirugikan dengan selebaran yang beredar di sejumlah media sosial tersebut.

"Bohong itu. Kita nggak pernah mengadakan pembuatan SIM cuma-cuma. Memang disitu nanti akan ada pelayanan SIM. Tapi khusus untuk perpanjangan saja dan tetap bayar sebagaimana mestinya. Ya Mungkin akan ada sedikit potongan untuk biaya kesehatan saja lah," tutur Kombes Pol Muji Ediyanto kepada Apahabar.com di Banjarmasin.

Baca Juga:Polres Banjar Kampanyekan Millennial Safety Festival di SMKN 1 Martapura

Ia menyayangkan adanya oknum tak bertanggung jawab yang telah menunggangi gelaran acara yang diprakarsai Korps Bhayangkara Polri tersebut. Pihaknya meminta, masyarakat tidak termakan berita bohong tersebut. Sebagai langkah tindak lanjut, informasi hoaks ini juga sudah dibantah polisi di akun resmi TMC Ditlantas Polda Kalsel.

"Kita sudah melakukan klarifikasi dan menyebarkannya lewat media sosial dan pemberitaan. Kepada masyarakat jangan percaya kepada kabar-kabar seperti itu," tegasnya.

SIM merupakan tanda bukti kompetensi yang dimiliki seseorang yang menandakan dia cakap dan layak berkendara di jalan raya. Apabila SIM diberikan cuma-cuma, maka akan kontraproduktif dengan kegiatan yang sedang digalakkan.

"Jadi jika ingin buat SIM baru ya harus ikuti serangkaian tes mas. Bahkan ada informasi akan adanya SIM seumur hidup. Ini kan tambah aneh," pungkasnya.

Baca Juga:Mewujudkan Cinta Lalu Lintas Lewat Milenial Road Safety Festival

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner