Tak Berkategori

Lautan Manusia di Sekumpul, Sejumlah Jemaah Dirujuk ke IGD

apahabar.com, MARTAPURA – Kawasan Sekumpul berubah menjadi lautan manusia, Sabtu (9/3). Kepadatan jemaah pada haul ke…

Featured-Image
Kawasan Sekumpul jadi lautan manusia dalam pergelaran haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Sabtu (9/3) malam. Foto-posko Media Center Banjar/Kominfo Banjar

bakabar.com, MARTAPURA – Kawasan Sekumpul berubah menjadi lautan manusia, Sabtu (9/3).

Kepadatan jemaah pada haul ke 14 Guru Sekumpul makin tak terbendung kala memasuki malam hari. Di balik itu, ada yang tak kuat dan mengeluh sakit.

Walhasil, pantauan bakabar.com, beberapa di antaranya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha seusai mendapat penanganan dari tim medis posko kesehatan.

Baca Juga:Tiga Drone Pantau Keamanan Haul Ke-14 Abah Guru Sekumpul

img

Taufik, jemaah asal Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, lemas dan merasa sakit pada perutnya. Foto-bakabar.com/Eddy Ardiyanto

Taufik (24) salah satunya. Jemaah asal Palangka Raya ini ambruk di tengah-tengah kerumunan jemaah.

Warga Jalan Hiu Km 7 itu sempat mendapat penanganan tim medis posko kesehatan. Setelah dicek, Taufik langsung dibawa ke RS guna penanganan lanjutan.

Kepada Hamdi rekannya, Taufik sempat mengeluh keram perut, mulas, dan sakit kepala. Taufik terlihat lemas dan meringis saat tim dokter mencoba menolongnya.

Baca Juga:Jemaah Balik Kanan, Arus Lalin Belum Normal

Taufik datang berdua bersama temannya pada haul ke 14 kali ini. Menggunakan kendaraan roda dua, mereka tiba sejak Kamis 7 Maret 2019 di Banjarmasin. Kemudian, pada hari Sabtu (9/3) baru menuju ke Sekumpul.

“Aku sakit kepala,” ujar Taufik selagi berkerumun dengan jemaah lain kepada Hamdi.

Sejurus kemudian, ia limbung. “Saya pikir cuma bercanda bilang sakit kepala,” terang Hamdi.

Lain halnya dengan jemaah asal Samarinda, Kalimantan Timur, Habib Gafur Alaydrus (60). Terlihat selang oksigen terpasang di hidungnya. Ia kelelahan dan mengalami sesak napas.

Baca Juga:Parkir di Bahu Jalan, Siap-Siap Diderek

Menurut pihak RSUD Ratu Zalecha, sejak siang hingga malam banyak jemaah haul dirujuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Jemaah itu banyak didiagnosa sesak napas.

Dari data IGD, tercatat jemaah asal kota Samarinda juga memenuhi kamar IGD. Kebanyakan dari mereka sesak napas.

Dari jam 20:00 wita sampai dengan 23:00 wita saja, ada delapan orang yang merupakan jemaah haul masuk ke IGD RS tersebut.

“Salah satunya seorang wanita hamil, asal Kandangan, diketahui usia kandungannya sudah masuk enam bulan. Dia mengalami sesak napas, dan saat ini masih dilakukan observasi di ruangan oleh dokter,” tutur Dewi administrasi IGD RSUD Ratu Zalecha.

Baca Juga:Ribuan Jemaah Haul Ke-14 Abah Guru Sekumpul Lantunkan Dzikir

Sebelumnya, ribuan jemaah tampak hadir dalam Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Sabtu (9/3) malam.

Mereka larut dalam dzikir yang dilantunkan pada haul akbar Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani yang akrab disapa Guru Sekumpul ke-14 jatuh pada Minggu, 3 Rajab 1440 H atau 10 Maret 2019 itu.

Dari pantauan bakabar.com, jemaah terlihat khusyuk mengikuti lantunan Syair Khobbiri sekalipun berada di sepanjang jalan Sekumpul.

Baca Juga:Intip Tips Terhindar Kemacetan Saat Menuju Sekumpul

Reporter: Ahya FirmansyahEditor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner