Tak Berkategori

H-3 Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Relawan Kebersihan Butuh 20.000 Kantong Sampah

apahabar.com, MARTAPURA – Relawan kebersihan Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul membutuhkan 20.000 kantong sampah. Sementara saat…

Featured-Image
Ilustrasi pelaksanaan puncak Haul Abah Guru Sekumpul tahun lalu. Foto-net

bakabar.com, MARTAPURA – Relawan kebersihan Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul membutuhkan 20.000 kantong sampah. Sementara saat ini baru terkupul 7500 kantong yang tersedia.

Dari jumlah yang ada, koordinator relawan kebersihan, Johansyah merinci 2500 kantong dari karung bekas. Sementara 5000 lainnya dari kantong plastik. Semuanya berasal dari para donatur dan relawan yang turut mengumpulkan.

Namun jumlah itu diperkirakan kurang. Karena Johansyah memperkirakan butuh 20.000 kantong sampah.

“Total kantong sampah yang ada saat ini 7.500. Sedangkan yang di butuhkan sebanyak 20.000 kantong sampah. Jika ada warga (masyarakat) yang ingin membantu dengan menyumbangkan kantong sampah, bisa langsung mengantarnya ke Kantor Kelurahan Sekumpul yang di jadikan Posko Relawan Kebersihan,” katanya selepas acara rapat pemantapan tim relawan kebersihan di Kantor Kelurahan Sekumpul, Selasa (5/3) sore.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada sebanyak 893 relawan kebersihan yang sudah terdata. Namun jumlah itu diyakini akan terus bertambah. Karena banyak masyarakat yang turut membantu dalam pelaksanaan haul kali ini.

Kendati demikian, Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin kepada para jemaah turut menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Jemaah diharapkan peduli dan sadar dengan masalah kebersihan. Maka dari itu kami sangat berharap kerendahan hati para jemaah agar tidak ada yang membuang sampah sembarangan. Agar memudahkan para relawan kebersihan dalam mengumpulkan dan mengangkut sampah yang akan di bawa ke TPS,” pintanya.

Baca Juga:H-4 Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Jumlah 893 Relawan Kebersihan Diyakini Terus Bertambah

Ia juga berharap kepada warga sekitar yang nantinya di tempati para jamaah untuk menginap, agar bisa menyiapkan wadah sampah atau kantong plastik sendiri.

Sementara kepada petugas atau relawan kebersihan, ia berpesan saat bertugas tetap bersikap sopan terhadap para jamaah. Disamping itu ia meminta jika merasa kelelahan maka beristirahat dulu, biar tugasnya digantikan dengan relawan yang lain.

“Ujiannya pada saat di lapangan. Ketika ada jamaah tidak sadar dan tidak peduli, agak repot (sulit) untuk mengingat, sehingga bertugas harus dengan hati yang tulus dan ikhlas,” jelasnya.

Sebagai Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah menyumbangkan kantong sampah untuk tim relawan kebersihan.

Pelaksanaan Haul ke-14 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul sendiri akan digelar Sabtu (9/3) malam dan puncak haul pada Minggu (10/3). Dengan demikian ada sekitar kurang dari tiga hari lagi jelang puncak haul.

Sejauh ini sejumlah jemaah sudah mulai berdatangan. Seluruh penginapan di Martapura dan Banjarbaru sudah penuh dibooking tamu. Jumlah jemaah kali diperkirakan lebih dari 1 juta lebih.

Reporter: Reza Rifani
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner