Tak Berkategori

Haul Guru Sekumpul, Dinas Pariwisata Kecipratan ‘Berkahnya’

apahabar.com, BANJARMASIN – Tamu Haul Abah Guru Sekumpul ke 14 yang membeludak, tidak saja berdampak positif…

Featured-Image
Kedatangan Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul dari luar daerah turut mendongkrak nama Kalsel ke nasional. Foto-Ahya Firmansyah

bakabar.com, BANJARMASIN - Tamu Haul Abah Guru Sekumpul ke 14 yang membeludak, tidak saja berdampak positif pada pengusaha. Dinas Pariwisata pun kecipratan 'berkahnya'.

Jumlah tamu haul tahun ini diperkirakan mencapai dua juta orang. Jumlah itu sudah melampaui target satu juta orang wisatawan di tahun 2019 oleh Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan.

Baca Juga:Terus Bersolek, Jeram Alam Roh Tujuh Belas Siap Jadi Wisata Unggulan

“Haul Abah Guru Sekumpul adalah keberkahan bagi kita semua. Berkat itu Kalsel bisa semakin dikenal dan dikunjungi orang banyak,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli padabakabar.com, Selasa (19/3).

img

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli. Foto-bakabar.com/Ahya Firmansyah

Kegiatan Haul, sambung Dahnial, memang urusan pihak keluarga Abah Guru Sekumpul, dan tidak bisa ditarik sebagai wisata religi. Kendati demikian, tamu haul tentunya tidak semua langsung pulang ke daerah asal selepas menghadiri peringatan haul.

Baca Juga:Jasa Raharja Keluarkan Rp3 Miliar Untuk Korban Meninggal di Jalan Raya

Di antara mereka, ada yang menyempatkan diri berwisata. Nah, tugas Dinas Pariwisata Kalsel adalah membenahi destinasi wisata-wisata yang kemungkinan menjadi tujuan wisata tersebut.

Dahnial mengungkapkan, target kunjungan Kalsel sebanyak satu juta kunjungan. Target ini diambil dengan bercermin dari data tahun sebelumnya (2018), di mana kunjungan wisatawan di Kalsel mencapai 698.063 orang berkunjung ke Kalsel, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sedangkan kunjungan wisata mancanegara sendiri sebanyak 29.000 orang di tahun 2018. Sehingga target kunjungan pun dinaikkan menjadi satu juta jiwa.

Baca Juga:Per April 2019 Instrumen Penilaian Akreditasi A Berubah, Rektor ULM Was-was

Dengan melihat antusias jemaah yang berhadir di Haul Abah Guru Sekumpul, Dahnial memperkirakan jemaah dari Kalsel separuh dari jumlah jemaah yang hadir. Sehingga ia memperkirakan satu juta jemaah hadir di haul tersebut. Dengan artian, target kunjungan terlampaui di 2019, hanya di awal tahun.

“Memang belum ada data konkrit mengenai hal ini. Sebab tidak ada yang bisa menghitung pasti. Namun melihat jumlah jemaah yang hadir melebihi dari tahun sebelumnya, bisa disimpulkan perbandingan jumlah kehadiran jemaah. Sehingga, kita patut berterima kasih kepada semua pihak,” pungkas Dahnial.

Baca Juga:Pemko Banjarmasin Lelang Jabatan 3 Kadis, Terbuka Untuk Umum

Reporter: Ahya FirmansyahEditor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner