Tak Berkategori

Mengetahui Guru Sekumpul ke RS di Singapura, 3 Ulama Sepuh Mekkah dan Yaman Gelar Shalat Hajat

apahabar.com, BANJARMASIN – KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari atau yang juga dikenal dengan…

Featured-Image
Abah Guru Sekumpul, KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari dan Habib Salim As Syatiri, Hadramaut, Yaman. Foto-Youtube

bakabar.com, BANJARMASIN – KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari atau yang juga dikenal dengan Abah Guru Sekumpul sempat berobat ke RS Mount Elizabeth di Singapura. Mengetahui hal itu, 3 ulama sepuh Mekkah dan Hadramaut menggelar shalat hajat untuk mendoakan ulama besar tersebut.

Abah Guru Sekumpul menderita berbagai penyakit (komplikasi). Beliau diketahui beberapa kali operasi dan bertahun-tahun cuci darah di tiap minggunya.

Baca Juga:Bertamu ke Sekumpul, Gusdur Keluhkan Ini pada Abah Guru Sekumpul

Banyak Rumah Sakit menjadi tempat persinggahan beliau, mulai dari rumah sakit daerah di Martapura (Kalsel) hingga Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura.

Ketika Abah Guru Sekumpul berobat ke Singapura, para ulama yang mendengar kabar tersebut pun segera mengirimkan doa. Tidak hanya dari ulama Tanah Air, ulama dari negara lain pun turut mendoakan.

Di antara yang diketahui menggelar shalat hajat adalah 3 ulama di Mekkah dan 2 di Hadramaut, Yaman.

Habib yang berasal dari Mekkah bernama Habib Muhammad Al Haddad. Beliau yang sebenarnya juga sakit-sakitan meminta orang dekatnya untuk dibawa ke Masjidil Haram dan shalat di sana untuk mendoakan Abah Guru Sekumpul.

"Habib Muhammad Al Haddad, mati rasa sebelah badannya," ujar Abah Guru Sekumpul menceritakan betapa perhatiannya ulama Tanah Suci itu pada beliau di Majelis Ta'lim Ar Raudhah Sekumpul, Martapura, Kalsel.

Habib Sepuh yang kedua adalah Habib Salim As Syatiri. Habib ini diketahui sering datang ke Kalimantan Selatan dan bermalam di kediaman Abah Guru Sekumpul.

"Habib Salim shalat hajat berjamaah di masjid di Tarim," jelas Abah Guru.

Habib Sepuh lainnya adalah Habib Abdullah bin Syahab yang bergelar Ainuttarim. Habib tersebut tidak pernah ke Sekumpul, namun perhatiannya tertuju pada Sekumpul.

Beliau menggelar shalat hajat berjamaah di Masjid Umar Al Muhdlor Hadramaut untuk mendoakan Abah Guru Sekumpul.

"Habib Abdullah tidak pernah ke Sekumpul," terang Abah Guru Sekumpul.

Baca Juga:Begini Nasehat Abah Guru Sekumpul pada Soeharto

Demikian sedikit kenangan tentang Abah Guru Sekumpul -KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- yang peringatan haulnya akan digelar di 9-10 Maret 2019 mendatang.

Sebulan menjelang peringatan haul ulama tersebut, pemerintah daerah, relawan, dan panitia haul berbenah. Segala upaya dilakukan untuk kelancaran peringatan akbar tersebut.

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner