Tak Berkategori

Lewat Jumat Bersih Warga HSS Mampu Tekan Penyakit DBD

apahabar.com, KANDANGAN – Aksi Jumat bersih terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Lewat kegiatan…

Featured-Image
Ilustrasi salah satu warga melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Foto-net

bakabar.com, KANDANGAN – Aksi Jumat bersih terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Lewat kegiatan itu ternyata dapat menekan jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pada Jumat bersih, aparatur pemerintah di sana bersama sama warga membersihkan tempat yang diduga jadi sarang nyamuk aedes aegypti, penyebab virus DBD.

Seperti tumpukan sampah, selokan, mau pun tempat penampungan air. Baik di sekolah-sekolah atau pun rumah warga.

Baca Juga: Wow, Puluhan Bidadari Bakal Sambut Slank di Bandara Syamsudin Noor

Camat Padang Batung, H Akhmad Suriansyah mengungkapkan, dari informasi yang didapatnya, selama ini melalui kegiatan tersebut terbukti dapat menekan jumlah warga yang terserang DBD.

“Angka pasien yang terkena DBD yang sebelumnya mencapai 200 orang lebih. (Namun) Setelah melaksanakan aksi Jumat bersih serentak se Kabupaten Hulu Sungai Selatan, terhitung pada Minggu ketiga dan keempat ini angka penderita DBD ini di Kabupaten HSS sudah menurun. (Kini) Yang terhitung hanya tinggal 6 orang saja,” terangnya.

Ia menyebutkan selama ini, setiap Jumat seperti besok hari, rutin melaksanakan gotong royong aksi Jumat bersih dengan melibatkan seluruh sektor. Termasuk 17 desa yang ada di bawah kecamatan Padang Batung.

"Mulai dari aparatur desa, PKK, kader Posyandu dan tokoh masyarakat serta masyarakat sendiri, " sebutnya.

Seperti yang sudah dilaksanakan dalam rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), aparatur pemerintah kecamatan bersama warga melakukan pembersihan jentik nyamuk di sekitar jalan, rumah, dan sekolah.

Selain itu dengan melaksanakan sosialisasi 3 M plus kepada warga masyarakat di kecamatan Padang Batung.

Baca Juga: Dua Solusi yang Ditawarkan Pemkab HSS Tekan Kemisikan Warga Padang Batung

Reporter: Nasrullah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner