Tak Berkategori

Lagi, Relawan Haul Guru Sekumpul Bangun 10 Toilet

apahabar.com, MARTAPURA – Sejumlah toilet umum khusus para jemaah Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul dibangun….

Featured-Image
Relawan Haul ke 14 Guru Sekumpul jalan Pendidikan Gotong Royong membuat Toilet untuk jemaah. Foto-apahabar.com/Reza

bakabar.com, MARTAPURA – Sejumlah toilet umum khusus para jemaah Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul dibangun. Kali ini giliran relawan didirikan Jalan Pendidikan 0 dan 1, tepatnya samping irigasi di wilayah Posko Taman Bunga Asri, Martapura, Kabupaten Banjar.

Seperti tahun sebelumnya ditempat itu juga dibangun toilet. Hanya saja untuk tahun ini, jumlahnya lebih banyak. Dulu hanya 4 unit, kini jadi 10 unit. Hal ini untuk mengantisipasi jumlah jemaah yang saban tahun selalu meningkat.

Baca Juga:115 Tandon Disediakan untuk Haul Abah Guru Sekumpul

Disamping membangun toilet berukuran tidak kurang dari 1×1 m, juga saluran pipa air berkeran untuk berwudu jemaah. Sedikitnya 40 keran disediakan para relawan bersama warga setempat. Nampak, para relawan dan warga bergotong royong membangun toilet dan membuat keran pipa, Selasa (19/2) sore.

Mereka secara swadaya untuk membantu pelaksanaan Haul ke 14 Guru Sekumpul yang jatuh pada Sabtu (9/3) dan Minggu (10/2) malam.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa menyediakan 10 toilet. Bertambah dari tahun lalu yang hanya bisa menyediakan 4 toilet saja. Penambahan ini pun kami merasa masih belum cukup,” kata koordinator relawan, Hasan kepada bakabar.com, Selasa (19/2) malam.

Hasan juga menuturkan di sekitar toilet yang di bangun disemen agar pada saat hujan tidak becek. Toilet yang dibangun pun sifatnya bongkar pasang (portabel).

“Dengan adanya relawan dan segala fasilitas yang sudah disediakan, mudahan dapat memudahkan para jamaah. Walaupun dirasa masih belum cukup, namun setiap tahunnya kami selalu berusaha meningkatkan fasilitas, demi kenyamanan para jamaah yang datang,” terangnya.

Sementara itu relawan lainnya Murdiansyah, menambahkan pembuatan fasilitas toilet umum dan pengecoran dilakukan selama tiga hari. Sementara untuk ketersediaan air sudah disiapkan mobil pengangkutnya dan penampung air.

“Setelah haul nanti toiletnya di bongkar lagi. Nantinya kami menyediakan 1 buah tandon, 6 drum, 1 unit mobil tangki BPK buat persediaan air bersihnya,” timpalnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, relawan di Jalan Pendidikan lainnya sudah membangun sejumlah toilet, juga lengkap dengan tempat wudhu.

Baca Juga:Pengobatan untuk Relawan dan Jemaah Haul Guru Sekumpul Digratiskan

Reporter: Reza Rifani
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner