Tak Berkategori

Haul Guru Sekumpul Ke-14, Dinkes Banjar Beri Penyuluhan ke Juru Masak

apahabar.com, MARTAPURA – Guna menjamin keamanan pangan Haul Guru Sekumpul ke-14, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menyuluhi…

Featured-Image
Ilustrasi pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul, Martapura. Foto-net

bakabar.com, MARTAPURA – Guna menjamin keamanan pangan Haul Guru Sekumpul ke-14, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menyuluhi ratusan juru masak dapur umum. Penyuluhan dilakukan di aula pendopo Bani Alawi, Gang Mahabbah Sekumpul, Martapura, Sabtu (16/2) malam.

Penyuluhan diberikan kepada ratusan juru masak dari perwakilan 85 dapur umum. Dengan dihadiri Koordinator Dapur Umum H Abdurrahman, Muhammad Solihin Analisis Pengamanan Lingkungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan Lurah Sekumpul Gusti Marhusin.

Baca Juga:Demi Kenyamanan Bersama, Berikut Himbauan Panitia Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah menuturkan bahwa kegiatan penyuluhan pangan untuk dapur umum haul ke 14 Guru Sekumpul sudah menjadi kewajiban jajarannya. Kata dia, keamanan kesehatan makanan yang akan dikonsumsi para jemaah mesti terjamin.

“Kami beserta jajaran dari Dinas Kesehatan Kabupaten dan Provinsi Kalimantan Selatan terus bahu membahu setiap tahun melaksanakan kegiatan yang sangat mulia ini (penyuluhan pangan) Haul Abah Guru Sekumpul,” kata Ikhwansyah.

Ikhwansyah mengharapkan agar hasil dari penyuluhan kesehatan pangan tersebut menjadi acuan bagi juru masak menyediakan makanan yang higienis dan sehat kepada para jemaah. “Saya setiap waktu terus memantau semoga tidak ada yang keracunan makanan, tahun kemarin alhamdulilah kita bekerja lancar dan sukses,” jelasnya.

Baca Juga:Panitia Rilis Jalur yang Dilewati Para Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul

Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Sukamto menuturkan, pihaknya mendukung penuh penanganan kesehatan jamaah pada haul Guru Sekumpul ke-14 ini. Terutama Kesehatan pada bahan pangan makanan yang akan dimasak.

Saat akan memasak makanan, kata dia, kondisi juru masak harus dalam keadaan bersih dan higienis. Agar terhindar dari kuman yang menyebabkan penyakit pada bahan makanan yang akan dimasak.

Sampai saat ini acara penyuluhan masih berlangsung. Acara akan dilanjutkan dengan diskusi bersama juru masak dapur umum. Adapun, tim pengambilan sampel makanan untuk semua dapur umum akan dilaksanakan pada Jumat 8 Maret atau H-1 pelaksanaan haul mendatang.

Baca Juga:Jelang Haul Guru Sekumpul Tersisa 22 Penginapan Gratis, Berikut Alamat dan Nomor Kontaknya

Reporter: Reza Rifani
Editor: Fariz



Komentar
Banner
Banner