Sport

Dipanggil Timnas Bersama Evan Dimas, Begini Kata Samsul

apahabar.com, BANJARMASIN – Dua pilar Barito Putera, Evan Dimas Darmono dan Samsul Arif Munip dipanggil tim…

Featured-Image
Evan Dimas (kiri) dan Samsul Arif Munip. Foto-Instagram/psbaritoputeraofficial

bakabar.com, BANJARMASIN - Dua pilar Barito Putera, Evan Dimas Darmono dan Samsul Arif Munip dipanggil tim nasional. Kedua pemain itu termasuk dalam 27 pemain yang disiapkan pelatih Simon McMenemy menghadapi Myanmar, 25 Maret nanti.

Kepastian dipanggilnya Evan Dimas dan Samsul Arif berdasarkan surat pemanggilan dari PSSI tertanggal 18 Februari lalu.

Surat tersebut menjelaskan tujuan pemanggilan dua pemain Barito tersebut.

“Sehubungan dengan program FIFA Matchday, melalui surat ini disampaikan bahwa Timnas Senior Indonesia akan melawan Myanmar pada tanggal 25 Maret 2019. Oleh karena itu sesuai dengan perencanaan tim kepelatihan untuk pemusatan latihan, maka dengan ini PSSI memanggil Evan Dimas Darmono dan Samsul Arif,” demikian tulis Barito Putera melalui akun resmi Instagram-nya, mengutip ucapan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Desira dalam suratnya yang diterima manemejen, Kamis (21/2) malam Wita.

Bagi Samsul, pemanggilan ini sudah yang kesekian kalinya, sejak memulai debut bersama timnas, 15 November 2011. Saat itu, pemain kelahiran Bojonegoro 14 Januari 1995 tersebut dipanggil pelatih Wim Rijsbergen untuk menghadapi Iran di kualifikasi Piala Dunia. Sayang pada debut perdana itu, Indonesia takluk 1-4. Gol semata wayang Timnas lahir melalui Bambang Pamungkas di babak pertama.

Baca Juga:Gilas Sinarmas FC 6-0, Jacksen Puas Fisik Pemain Terus Meningkat

Mengenai pemanggilan ini, Samsul merasa gembira. Mengingat usianya kini tidak muda lagi. Kendati demikian dia mampu membuktikan bersama Barito mengemas 14 gol di Liga 1 2018.

“Alhamdulillah. Bersyukur bisa dipanggil Timnas lagi,” katanya via whatsapp, Jumat (22/2) pagi.

Saat ini ia terus mengasah kemampuannya bersama skuat Barito yang menggelar TC di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Ia pun berharap dapat memberikan yang terbaik.

Terlepas dari itu, dalam pemanggilan PSSI itu tak tertera nama Rizky Pora dan Gavin Kwan Adsit. Padahal keduanya kerap kali mengisi line up PSSI.

Sebaliknya dari daftar pemain yang dipanggil McMenemy terdapat debutan di TC Timnas Indonesia senior seperti dua pemain Bhayangkara FC, Alsan Sanda dan Wahyu Subo Seto, serta bek Persebaya Surabaya Otavio Dutra. Pemain asal Brasil ini posisinya masih menunggu proses naturalisasi.

Baca Juga:Juara Piala Presiden Raih Rp3,3 M, Jaksen Tertantang Persembahkan Gelar

Lalu kemudian, nama-nama tenar seperti Andritany Ardhiyasa (Persija), Fachruddin Aryanto (Madura United), Andik Vermansah (Madura United), dan Stefano Lilipaly (Bali United) masuk daftar panggil.

Sementara tim yang paling banyak menyumbang pemain asal Madura United, yang memiliki lima pemain di TC kali ini yakni Muhammad Ridho, Fachruddin, Zulfiandi, Greg Nwokolo, dan Andik Vermansyah.

Sebelum menjalani laga persahabatan melawan Myanmar, Timnas Indonesia akan melakukan TC di Australia dan Bali sepanjang 6-21 Maret. Para pemain dijadwalkan berkumpul pada 6 Maret di Bali dan malamnya langsung bertolak ke Perth, Australia. TC di Australia akan digelar hingga 17 Maret.

Selama TC di Australia, Timnas Indonesia akan melakoni dua kali uji coba, salah satunya melawan klub Perth Glory FC. Usai TC di Australia skuat Garuda kembali ke Indonesia pada 17 Maret dan langsung melanjutkan TC di Bali hingga 21 Maret. Timnas Indonesia kemudian dijadwalkan bertolak ke Myanmar pada 21 Maret.

Khusus pemusatan latihan di Australia hanya diikuti 25 pemain. Hal ini dikarenakan Hansamu Yama izin tidak bisa bergabung karena menikah, sedangkan Yanto Basna baru bisa bergabung saat TC di Bali.

Baca Juga:Satu Grup dengan Arema FC di Piala Presiden, Jacksen Bersyukur

Daftar 27 pemain Timnas Indonesia untuk melawan Myanmar:

Kiper
1. Andritany Ardhiyasa, Persija
2. Muhammad Ridho, Madura United
3. Teja Paku Alam, Semen Padang

Belakang
4. Johan Ahmat Farizi, Arema FC
5. Novri Setiawan, Persija
6. Ruben Sanadi, Persebaya
7. Yustinus Pae, Persipura
8. Alsan Sanda, Bhayangkara FC
9. Ricky Fajrin, Bali United
10. Fachruddin Aryanto, Madura United
11. Manahati Lestusen, PS Tira Persikabo
12. Otavio Dutra, Persebaya
13. Yanto Basna, Sukhotai FC
14. Hansamu Yama, Persebaya

Tengah
15. Evan Dimas, Barito Putera
16. Zulfiandi, Madura United
17. Arthur Bonai, PSIS
18. Rizky Pellu, PSM
19. Wahyu Subo Seto, Bhayangkara FC
20. Muhammad Rahmat, PSM
21. Andik Vermansah, Madura United
22. Greg Nwokolo, Madura United
23. Riko Simanjuntak, Persija
24. Stefano Lilipaly, Bali United

Depan
25. Dedik Setiawan, Arema FC
26. Ilija Spasojevic, Bali United
27. Samsul Arif, Barito Putera

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner