Tak Berkategori

Penanganan Ilung Belum Maksimal

apahabar.com, BANJARMASIN – Setiap musim penghujan, sungai tak hanya dikotori beragam sampah. Ilung atau yang biasa…

Featured-Image
Mathari Foto – Marianti Tandang

bakabar.com, BANJARMASIN - Setiap musim penghujan, sungai tak hanya dikotori beragam sampah. Ilung atau yang biasa disebut dengan Eceng Gondok pun jadi momok yang harusnya bisa diatasi segera.

Mathari meminta dinas terkait maksimal mencari solusi mengatasi ilung yang mengganggu arus sungai di Banjarmasin setiap tahun. “Eceng gondok masalah tahunan yang selalu muncul," kata anggota Komisi III DPRD Banjarmasin, Senin (10/12).

Dikemukakan politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini, Ilung tersebut datangnya dari Hulu Sungai."Mestinya dinas terkait mempunyai langkah-langkah mengatasi fenomena tahunan ini," harapnya.

Padahal Banjarmasin memiliki alat menjaring ilung dan sampah sungai. Yang menjadi pertanyaan, apakah sudah maksimal alat tersebut digunakan?"Jika tidak maksimal, hendaknya bisa mencari cara lain atau tambahan peralatan," sarannya. Sehingga, harapnya, Banjarmasin bisa bebas dari 'penyakit' tahunan ini.

Pihaknya berharap dinas terkait tak 'mengkambinghitamkan' faktor alam ini."Ini kan wabah tahunan yang harus sudah bisa diantisipasi," ujar Mathari mengingatkan.

Begitu pula munculnya sampah dan genangan air saat musim penghujan, Pemerintah Kota Banjarmasin sejatinya sudah zona daerah mana yang harus mendapat perhatian serius."Jika demikian pemerintah bisa mengambil langkah antisipasi," pungkasnya.

Reporter : Marlianti Tandang

Editor : Syarif



Komentar
Banner
Banner