Nasional

Meriah, Ribuan Warga Saksikan Karnaval Kemerdekaan RI ke-78 di Kotabaru 

Ribuan warga ramai menyaksikan karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-78 tahun 2023 di Kotabaru, Kalsel, Minggu (20/8).

Featured-Image
Miniatur kapal dari BPBD Kotabaru di karnaval kemerdekaan, Minggu (20/8/2023). Foto-apahabar.com/Duki

bakabar.com, KOTABARU - Ribuan warga ramai menyaksikan karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-78 tahun 2023 di Kotabaru, Kalsel, Minggu (20/8).

Ribuan warga Sa Ijaan itu memadati sepanjang jalan pusat kota yang menjadi lintasan para peserta karnaval yang dihelat pemerintah daerah setempat.

Terik matahari nampaknya sama sekali tidak menjadi halangan bagi warga untuk menyaksikan kemeriahan karnaval yang diikuti kalangan pelajar dari SD, SMP, SMA, serta SKPD.

Menjadi magnet warga berbagai kalangan juga lantaran para peserta menampilkan beragam atraksi, seni, pakaian adat dan budaya, hingga kreatifitas seperti mobil hias, dan lainnya.

Karnaval kali ini mengusung tema 'Bhineka Tunggal Ika dan Perjuangan', dan pesertanya dilepas langsung oleh Sekda Said Akhmad, didampingi Ketua DPRD Syairi Mukhlis, Forkopimda, serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Kotabaru.

Salah satu warga Jelapat, Desa Semayap, Kecamatan Pulau Laut Utara, mengaku rela panas-panasan hanya untuk menyaksikan karnaval yang dimulai sejak pagi hingga usai waktu salat zuhur tadi.

"Karnaval nya memang sangat meriah tadi, beragam kreatifitas juga keberagaman adat dan budaya ditampilkan para peserta. Intinya ini menunjukkan bahwa negara kita merdeka dan kaya akan ragam suku, dan budaya," ujar Nurhayani, kepada bakabar.com Minggu malam.

Diketahui bahwa, peserta yang ikut serta memeriahkan karnaval kali ini ialah para pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA sederajat masing -masing dibatasi 50 orang peserta ditambah Grup Drumband.

Adapun peserta karnaval kali ini dari tingkat SD 28 peserta, tingkat SLTP 8 peserta, SLTA 5 peserta, dan Barisan mobil hias dari SKPD yang berjumlah 27 peserta.


Rute karnaval sendiri diawali dari Siring Laut (Jln Pangeran Indrakusuma Negara) ke Jakan H Agussalim - Jalan Diponegoro, Jalan Pangeran Hidayat, Jalan Suryagandamana (Taman Kota) - Putri Ciptasari lalu berakhir di wisata Siring Laut.

Baca Juga: Karnaval Hari Kemerdekaan di Kotabaru Semarak, Pedagang Raup Untung Banyak

Editor


Komentar
Banner
Banner