Nasional

Kampung Merah Putih Jadi Ikon Baru Sungai Andai Banjarmasin

Menyusuri Sungai Andai, rasanya tidak afdol untuk singgah ke Kampung Merah Putih (Karamatih) yang terletak di Jalan Cengkeh, Komplek Herlina Perkasa

Featured-Image
Kampung Merah Putih di Sungai Andai, Banjarmasin Utara. Foto-apahabar.com/Amrullah.

bakabar.com, BANJARMASIN - Menyusuri Sungai Andai, rasanya tidak afdol untuk tidak singgah ke Kampung Merah Putih (Karamatih) yang terletak di Jalan Cengkeh, Komplek Herlina Perkasa, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara.

Keberadaan bendera merah putih yang ditancapkan di sepanjang kiri dan kanan jalan membuat suasana Hari Kemerdekaan makin meriah. Apalagi seluruh rumah warga di sana juga dihias dengan warna merah dan putih. 

Hasmudani, warga setempat, menyebut kampung ini baru saja diresmikan pada 6 Agustus 2023.

"Baru aja kita resmikan kampung ini menjadi Karamatih," kata Hasmudani.

Baca Juga: Legislator Sri Huriyat Apresiasi Kegiatan Jalan Santai Warga Kompleks Bumi Raya Indah Balangan

Hasmudani bercerita gagasan soal Kamaratih muncul karena ada seorang tokoh yang perjuangannya dalam membantu memerdekakan Indonesia perlu dihargai.  

"Pada zaman dulu, perjuangan di sini banyak warga pendahulu yang merupakan perintis perjuangan kemerdekaan dan bapak yang mengelola komplek ini yang punya masjid besar bernama Ar-Raudah," cerita Hasmudani kepada bakabar.com, Minggu (20/8).

Namun, lanjut dia, pesatnya pertumbuhan penduduk di kampung itu membuat banyak warga yang tidak saling mengenal satu sama lain. Karenanya, Kamaratih diharapkan tak hanya menjadi simbol perjuangan, tetapi juga menjadi wadah silaturahmi.

Baca Juga: Apes, Pria di Satui Tertangkap Saat Ambil Sabu 

Kamaratih yang berada di Sungai Andai menjadi tempat pertama di Kalsel yang menjadi tempat perwujudan rasa nasionalisme dan patriotisme rakyat Indonesia. 

Kampung itu juga terdapat kader yang akan membina masyarakatnya serta merawat kampung agar tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner