Tak Berkategori

Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Buat Guru

apahabar.com, KANDANGAN – Dalam menyesuaikan kebutuhan pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), pemerintah setempat menggelar…

Bupati HSS, H Achmad Fikry menyampaikan sambutan pada workshop peningkatan mutu pendidikan untuk guru di Pendopo Kabupaten HSS. Foto-Humas Pemkab HSS

apahabar.com, KANDANGAN - Dalam menyesuaikan kebutuhan pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), pemerintah setempat menggelar workshop peningkatan mutu pendidikan untuk guru di Pendopo kabupaten, Senin (18/3).

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten HSS dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara. Tujuannya untuk meningkatkan mutu pendidikan buat guru PAUD, TK, dan SD se-HSS.

Kepala Dinas Pendidikan Nordiansyah,M.Si mengatakan workshop ini rencananya digelar selama tiga hari.”Ini upaya kami untuk meningkatkan kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaacara workshop sendiri diserahkan sepenuhnya kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) HSS.

Pada kesempatan tersebut, Bupati H Achmad Fikry yang membuka workshop menyampaikan bahwa sekarang ini peningkatan mutu pendidikansudah menjadi suatu keharusan. Jangan sampai tenaga pendidik tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

“Pendidikan itu sifatnya dinamis, sehingga akan selalu berubah dari masa ke masa. Sebagai tenaga pendidik kita tidak bisa berdiam diri, sehingga harus mampu meningkatkan mutu dan kompetensi diri untuk bisa memberikan yang terbaik kepada anak didik,” kata bupati.

Baca Juga:Hari Bakti Rimbawan Ke-36, Intip Pesan Bupati Kandangan

Sedangkan para guru dituntut tidak hanya mampu meningkatkan kecerdasan intelektual siswa dan mentransfer ilmu, tetapi juga harus mampu menciptakan karakter baik bagi para siswanya.

Bupati berharap,semua peserta bisa menyerap apa yang diberikan narasumber, sehingga bisa diterapkan di sekolah masing-masing.

“Terima kasih atas kesediaan Yayasan Adi Luhung yang telah bersedia untuk berbagi tips dan trik dalam memberikan pengajaran dan pendidikan bagi para guru di HSS,” kata bupati seraya mengatakan, kegiatan inimerupakan salah satu program kerja utama yang telah disepakati dalam APKASI.

Sementara itu,H Adi Irawan, perwakilan dari Yayasan Adi Luhung menjelaskan pelaksanaan kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan beberapa kabupaten seluruh Indonesia. Pihaknya sudah bekerjasama dengan APKASI untuk melaksanakan kegiatan ini, dan sudah mendatangi 148 kabupaten/ kota di Indonesia.

Ada tigamateri pokok utama yang akan diberikan adalah Peningkatan SDM Guru, Peningkatan Mutu Pelajaran dan Peningkatan Iman & Taqwa.

Di akhir acara pembukaan workshop, bupati saling bertukar cinderamata dengan yayasan Adi Luhung Adi Irawan.

Baca Juga:Hari Bakti Ke-36, Rimbawan Kalsel Gelar Lomba

Reporter: AHC
Editor: Syarif