Kalsel

Wisuda di Tengah Pandemi, ULM Banjarmasin Kalsel Klaim Kantongi Izin Satgas Covid-19

apahabar.com, BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalsel akhirnya melaksanakan wisuda secara langsung untuk pertama…

Wisuda Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalsel sebelum masa pandemi Covid-19. Foto-ulm.ac.id

apahabar.com, BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalsel akhirnya melaksanakan wisuda secara langsung untuk pertama kalinya di tengah pandemi Covid-19.

Sidang terbuka senat ULM ke-97 akan mengukuhkan sebanyak 1.250 wisudawan/wisudawati pada Rabu (4/11) besok.

“Kita besyukur pelaksanaan wisuda secara offline atau luring ini sudah mendapat restu dari pihak tim penanganan Covid-19 Kalsel,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Aminuddin Prahatama Putra, ditemui apahabar.com di ruang kerjanya, Selasa (3/11) siang.

Tim Satgas Covid-19 memberikan izin pelaksanaan, sebab ULM telah memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan wisuda.

Acara akan dilakukan serentak di 8 titik yaitu Auditorium ULM Banjarbaru sebagai pusat kegiatan. Lalu, Fakultas Kedokteran, General Building ULM, Fakultas Hukum, FISIP, Lecture Theatre FEB, Pasca Sarjana, dan Fakultas Kedokteran Gigi.

“Awalnya kita tidak mendapatkan izin karena tidak memungkinkan sesuai protokol. Akhirnya diubah dibagi menjadi 8 tempat dan jumlahnya tidak melebihi kapasitas, ada yang hanya 30-40 orang saja,” ungkapnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Aminuddin Prahatama Putra. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Aminuddin memastikan protokol kesehatan Covid-19 akan diperketat dalam pelaksanaan wisuda perdana ini.

Mulai dari menerapkan 3 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Durasi acara juga dipersingkat tidak lebih dari satu jam.

“Acara dibuka singkat saja, lagu hanya Indonesia Raya dan Mars ULM. Kemudian laporan ketua yakni Wakil Rektor I dan sambutan Rektor secara sekitar 5 menit,” beber Aminuddin.

Pemindahan kuncir atau tali toga oleh Rektor akan dilakukan secara simbolis oleh wisudawan/wisudawati terpilih yang menjadi terbaik di tingkat Universitas.

Selanjutnya, serentak dilaksanakan oleh dekan di masing-masing fakultas. Wisuda kali ini juga akan disiarkan langsung melalui tayangan digital.

“Jadi para pengantar, baik itu orang tua, keluarga atau temannya bisa menyaksikan melalui live streaming youtube,” imbuhnya.