Tak Berkategori

WHO Target Vaksin Dunia Capai 70 Persen Tahun Depan

apahabar.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen pada pertengahan tahun…

Ilustrasi, WHO. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen pada pertengahan tahun depan. Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, di sela pertemuan G20 belum lama ini.

“Target global WHO adalah untuk mendukung setiap negara memvaksinasi setidaknya 10 persen populasinya akhir bulan ini, dan setidaknya 40 persen akhir tahun ini, dan 70 persen populasi dunia pada pertengahan tahun depan,” ujar Ghebreyesus seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (6/9).

Ghebreyesus memasang target ini karena khawatir melihat kondisi negara-negara dunia yang mengalami kenaikan angka kasus positif dan tingkat kematian akibat Covid-19.

“Banyak negara terus menghadapi peningkatan tajam dalam kasus dan kematian (Covid-19), meskipun faktanya lebih dari 5 miliar vaksin kini telah diberikan di seluruh dunia,” katanya berdasarkan salinan pidato yang dirilis di situs resmi WHO.

Ghebreyesus pun sekali lagi membahas ketimpangan vaksinasi negara-negara dunia.

Selain itu, WHO juga meminta bantuan negara G20 agar mendistribusikan vaksin secara merata. Ia lantas menyampaikan sejumlah saran kepada negara-negara G20.

Pertama, menukar jadwal pengiriman jangka pendek dengan COVAX. Kedua, memenuhi janji pembagian dosis vaksin paling lambat akhir bulan ini.

Ketiga, memfasilitasi berbagi teknologi, pengetahuan, dan kekayaan intelektual untuk mendukung pembuatan vaksin regional.

Selain itu, WHO juga meminta negara G20 untuk mendukung pengembangan dan adopsi perjanjian internasional yang mengikat secara hukum terkait kesiapsiagaan dan respons akan pandemi untuk generasi mendatang.

Sampai saat ini, kasus Covid-19 di dunia mencapai 221 juta kasus, dengan jumlah kematian di atas empat juta, berdasarkan data Worldometers. Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia, disusul India dan Brazil.

Rusia dan Inggris menjadi negara keempat dan kelima dengan kasus positif Covid-19 tertinggi. Indonesia sendiri masuk ke dalam urutan 13 negara dengan kasus positif tertinggi.