Sisi Menarik Film

Waw, Musik Film Mission Impossible 7 Gandeng 555 Musisi!

Salah satu film paling ditunggu tahun ini, Mission Impossible Dead Reckoning Part One baru saja dirilis pada Sabtu (8/7).

Poster film Mission Impossible Dead Reckoning Part One. Foto: IMDB

apahabar.com, JAKARTA – Salah satu film paling ditunggu tahun ini, Mission Impossible Dead Reckoning Part One baru saja rilis pada Sabtu (8/7). Hanya untuk pembuatan background musiknya, melibatkan 555 musisi. 

Musik background sendiri merupakan salah satu elemen dalam film yang berfungsi untuk menguatkan suasana dalam suatu adegan sehingga penonton bisa semakin merasakan situasi yang sedang dialami oleh tokoh utama.

Pada film yang dibintangi oleh Tom Cruise tersebut, musik background berperan untuk membuat setiap aksi yang ditampilkan pada layar menjadi lebih menegangkan dan seru untuk disaksikan.

Baca Juga: Aktor James Franco Kenakan Suunto Vector dalam Film 127 Hours

Komposer Lorne Balfe menjadi penanggung jawab dalam pembuatan musik background dari salah satu franchise paling sukses di indutri perfilman. Tidak tanggung-tanggung, franchise Mission Impossible ke-7 itu melibatkan lebih dari 555 musisi dari berbagai tempat di Eropa seperti Roma, Wina, Venezia, Swiss, dan London.

Dalam proses penulisan musik Lorne Balfe membutuhkan waktu pembuatan hampir selama tiga tahun dan menghasilkan musik background dengan durasi salama 14 jam. Walapun Mission Impossible Dead Reckoning Part One hanya menggunakan dua setengah jam dari total rekaman yang dibuat.

Biarpun begitu Balfe sukses menguatkan perjalanan baru dari sosok Ethan Hunt, yang diperankan oleh Tom Cruise, dalam misinya melawan penjahat bernama The Entity.

Baca Juga: Trailer Film The Nun 2 Resmi Rilis, Valak Bakal Bikin Merinding

Selain aksi luar biasa seperti Ethan mengendarai sepeda motor meluncur dari tebing atau pertarungan dramatis di atas kereta uap yang bergerak, Balfe juga mampu menghadirkan emosi yang mendalam dalam musik yang ia ciptakan.

Dia mengungkapkan bahwa terdapat momen-momen penting dalam film ini yang melibatkan perasaan, seperti hubungan yang berakhir dan sisi lain dari karakter Ethan Hunt.

“Anda melihat sisi Ethan yang benar-benar berbeda. Anda melihat seseorang yang melindungi dan didorong oleh hal-hal yang berbeda, dan dari situlah emosi itu datang," ujar Balfe seperti dikutip Variety, Minggu (9/7).

Baca Juga: 8 Juli 2022, Ferdy Sambo Lakukan Pembunuhan pada Brigadir Joshua

Balfe yang juga dikenal sebagai komposer musik video game, menciptakan musik yang kuat, dia tetap menghormati tema ikonik dari franchise Mission: Impossible diciptakan oleh Lalo Schifrin pada hampir 60 tahun yang lalu. Dia menjelaskan tema tersebut tetap melekat dalam jati diri film tersebut namun dengan sejumlah tambhan dari hasil musik yang ia ciptakan.

Proses perekaman skor musik ini dilakukan di berbagai tempat sesuai dengan lokasi pengambilan gambar film. Balfe ingin memastikan bahwa musik yang direkam benar-benar mencerminkan atmosfer yang dilihat dalam film tersebut.

Dia juga melibatkan musisi lokal dari setiap tempat yang mereka kunjungi. Kolaborasi dengan musisi lokal membantu Balfe menemukan keunikan dan kekayaan baru dalam musiknya.

Baca Juga: 6 Tahun Hiatus, EXO segera Comeback dengan Album ‘EXIST’

Film Mission Impossible sendiri bukan kali pertama Balfe terlibat dalam proyek bersama Tom Cruise. Sebelumnya ia juga bertanggung jawab dalam pembuatan musik background dalam film Top Gun: Maverick. Hal itu yang membuatnya kembali terpilih sebagai penanggung jawab musik untuk film terbaru Tom Cruise.

Balfe memberikan sejumlah apresiasi kepada editor musik film, Cécile Tournesac, yang merupakan bagian integral dalam proses kreatif. Dia mengungkapkan upaya Tournesac dalam mengolah musik yang telah ditulisnya, membuat film tersebut semakin berkesan.

 “Apa yang saya tulis untuk satu adegan, adegan itu bisa dihapus dan dia bisa membuat musik itu cocok di adegan lain dengan mengurangi elemen-elemennya," pungkasnya.