Tak Berkategori

Waspada Ancaman Cuaca Ekstrem di Kalsel Hari Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan disertai petir dan angin kencang masih menghantui sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan…

Infografis-apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan disertai petir dan angin kencang masih menghantui sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini. Warga pun dihimbau untuk waspada.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terdapat tujuh kabupaten/kota yang mengalami potensi tersebut.

Antara lain, Kabupaten Banjar, Barito Kuala (Batola), Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

Potensi hujan paling banyak terjadi pada siang atau sore hari.

Seperti di wilayah HSS. Terlihat awan hitam pekat disertai tanda petir menyelimuti langit Kandangan.

Ini menandakan ibu kota HSS tersebut akan mengalami hujan lebat disertai petir.

Kondisi itu berpotensi terjadi pada siang hari. Sekali pun langit di sana pada pagi hari terlihat cerah berawan.

Pada siang hari cuaca berubah dengan kecepatan angin 19 km/jam bergerak dari Barat ke Utara.

Ada pun suhu cuaca ada pada 30 derajat celcius. Suhu berpotensi turun hingga paling rendah, 24 derajat celcius. Sementara tingkat kelembaban sebesar 65 persen.

Untungnya potensi cuaca ekstrem di HSS itu tak terlihat pada malam dan dini harinya.

Baca Juga: Gelar Salat Hajat, Mitra TNI-POLRI Harapkan Pemilu Damai

Baca Juga: Penertiban APK, Satpol PP Kota Tunggu Perintah Bawaslu

Sementara itu, apa yang dialami warga HSS, juga kemungkinan berlaku juga di enam wilayah lain yang masuk dalam peringatan dini BMKG terkait kondisi cuaca hari ini.

Hanya saja, intensitas hujan agak rendah. Seperti Martapura (Kab Banjar), Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan (Batola), Rantau (Tapin), dan Pelaihari (Tala).

Meski demikian, BMKG tetap menghimbau untuk waspada. “Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah kab/kota Banjar, Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Tapin, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG lewat situs resminya, Senin (15/2019).

Terlepas dari itu, meski tak termasuk dalam peringatan dini BMKG, bukan berarti wilayah lain terbebas dari hujan.

Contohnya seperti Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Hujan lebat disertai petir nampaknya juga berpotensi besar terjadi.

Pontensi tersebut kemungkinan terjadi pada siang hari. Ada pun suhu udara di sana yakni 31 derajat celcius. Jika pun turun, suhu di sana menjadi 24 derajat celcius.

Sedangkan tingkat kelembaban udara Amuntai sebesar 65 persen. Sementara kecepatan angin 19 km/jam.

Demikian pula dengan sebagian wilayah Batulicin (Kab Tanah Bumbu), Kotabaru, Paringin (Kab Balangan) dan Tanjung (Kab Tabalong). Hanya saja intensitas hujan relatif rendah.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa potensi hujan di wilayah Kalsel masih akan terjadi. Tinggal intensitasnya saja di beberapa wilayah yang berbeda.

Ada pun secara kesuluruhan, suhu udara Kalsel masih dalam keandaan normal. Yakni ada pada rentang 23-32 derajat celcius. Sementara tingkat kelembaban di kisaran antara 65-100 persen.

Baca Juga: Berbekal Teori Matematika, Siswa SMA Jakarta Atasi Sampah via Aplikasi

Baca Juga:Puluhan Ribu WNI di Singapura Antusias Ikut Pencoblosan

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin