Wasev TNI AD Tinjau Progres TMMD Kodim 1010/Tapin di Salam Babaris

bakabar.com, RANTAU - Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar TNI AD meninjau progres program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 1010/Tapin

Oleh Sandy
Ketua Tim Wasev, Brigjen TNI Tarsono, seusai meninjau lokasi TMMD ke-122 Kodim/1010 Tapin. Foto: bakabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU - Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD meninjau progres program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 1010/Tapin di Desa Salam Babaris, Kecamatan Salam Babaris, Selasa (22/10).

Ketua Tim Wasev, Brigjen TNI Tarsono, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Kodim 1010/Tapin, khususnya Dansatgas TMMD Letkol Arh Pryoni Palebangan.

"Secara keseluruhan, program TMMD sudah berjalan baik sesuai jadwal. Namun, kami tetap memberikan beberapa masukan agar hasilnya lebih optimal. Masih ada waktu untuk meningkatkan aktivitas yang betul-betul bermanfaat bagi masyarakat," jelas Tarsono.

Tarsono menyoroti pentingnya pembangunan infrastruktur jalan yang akan mempermudah akses masyarakat, terutama dalam pengelolaan kebun karet.

"Jalan yang dibangun TNI ini penting untuk aktivitas warga. Kedepan kami berharap jembatan yang rusak juga dapat segera diperbaiki agar akses transportasi lebih lancar," beber Tarsono.

Di sisi lain, Tarsono mengapresiasi harapan masyarakat setempat agar TMMD dilanjutkan tahun depan untuk menghubungkan akses menuju kampung seberang sepanjang 2 kilometer.

"Ini bukti bahwa TMMD tetap relevan di era globalisasi sebagai sarana kemanunggalan TNI dengan masyarakat," sambungnya.

Selain peninjauan pembangunan jalan, Wasev Mabes TNI AD juga memantau proyek unggulan lainnya seperti TNI Manunggal Air Bersih (TMAB), rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan MCK, dan rehabilitasi Musala Nurul Ihsan.

Sementara Penjabat Bupatu Tapin melalui Asisten Administrasi Umum, Fiqri Irmawan, mengapresiasi kedatangan Wasev TNI AD dan memastikan Pemkab Tapin mendukung penuh program TMMD, termasuk mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,1 miliar.

"Kami berharap hasil program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Salam Babaris," papar Fiqri.

Adapun Dandim 1010/Tapin, Letkol Arh Pryoni Palebangan, melaporkan bahwa progres kegiatan TMMD di Kecamatan Salam Babaris telah mencapai 85 persen dan ditargetkan selesai sebelum akhir Oktober 2024.

"Kami optimis seluruh sasaran, baik fisik maupun nonfisik, akan tercapai sesuai target," ungkapnya.

"Selanjutnya kami berharap warga dapat merawat bangunan yang sudah dikerjakan, baik jalan, MCK dan TMAB. Tentunya kami juga berkeinginan TMMD terlaksana setiap tahun dan bergotong-royong bersama masyarakat untuk pembangunan di desa," pungkasnya.