Nasional

Viral Usir Jemaah Pakai Masker di Bekasi, Pengurus Masjid Kerap Ditegur Abaikan Prokes

apahabar.com, BEKASI – Video kejadian di Masjid Al Amanah Harapan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi,…

Kapolsek Medan Satria, Kompol Agus Rohmat, memediasi jemaah dan Pengurus Masjid Jami Al Amanah yang melarang penggunaan masker. Foto: Berita Satu

apahabar.com, BEKASI – Video kejadian di Masjid Al Amanah Harapan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, mendadak viral lantaran takmir mengusir jamaah yang menggunakan masker.

Diambil 27 April 2021 pukul pukul 14.30 WIB, terlihat seorang pria bermasker sedang duduk di antara tiga pria lain di dalam masjid. Pria itu sebelumnya masuk ke masjid bersama sang istri.

Kemudian seseorang yang berpakaian kuning hitam dan mengaku pengurus masjid, meminta pria itu melepaskan masker.

Dalam video berdurasi 02.20 menit tersebut, mereka menyebut aturan masjid melarang penggunaan masker.

Bahkan si pria berpakaian kuning hitam itu berani menyebut ayat Alquran untuk memperkuat aturan larangan menggunakan masker di dalam masjid.

“Silakan keluar saja kalau enggak mau ikut aturan di sini. Jangan salat di sini," seru pria berpakaian kuning hitam.

Sementara pria yang mengenakan masker menjawab bahwa masjid adalah tempat umum. Pun penggunaan masker merupakan anjuran pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Di akhir video, suasana semakin tegang. Datang jamaah lain berpakaian merah dan mengusir pria itu agar keluar masjid. Mereka juga menantang siap dilaporkan ke polisi.

Ternyata kasus itu kemudian benar-benar dilaporkan pria yang memakai masker ke Polsek Medan Satria.

Belakangan pria tersebut diketahui bernama Roni Oktavianto. Sedangkan pengurus masjid berpakaian kuning hitam mengaku bernama Ustaz Abdurohman.

Lantas dalam pertemuan di Mapolsek Medan Satria, kedua belah pihak sepakat mengakhiri perseteruan. Ustaz Abdurohman juga meminta maaf dan membuat surat pernyataan tidak lagi melakukan aksi serupa.

“Pengurus Masjid Al Amanah, terutama Ustad Abdurohman itu sudah sering ditegur. Bahkan kami pun kerap memberikan masker dan disinfektan di masjid itu,” jelas Kapolsek Medan Satria, Kompol Agus Rohmat, seperti dilansir Okezone, Senin (3/5).

“Sebenarnya sempat terlihat perubahan. Makanya kami kaget dengan kejadian terbaru, sehingga kami langsung menegur dan memediasi kedua belah pihak," tambahnya.

Ternyata pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Pengurus Masjid Al Amanah tidak cuma sekali.

“Sekitar 14 April 2021, warga melapor kepada Satgas Covid-19 Bekasi tentang tidak menjaga jarak ketika salat tarawih,” sahut Lia Erliani, Camat Medan Satria.

“Atas laporan itu, kami telah mengimbau Pengurus Masjid Al Amanah untuk menerapkan protokol kesehatan, meskipun berada di dalam masjid,” tandasnya.