Viral Tiket Coldplay Berbanderol Rp50 Juta, Kick Avenue Buka Suara

Penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta telah dibuka pada Rabu (17/5) hari pukul 10.00 WIB. Penjualan hanya akan dilakukan lewat satu situs resmi

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta telah dibuka pada Rabu (17/5) hari pukul 10.00 WIB. Penjualan hanya akan dilakukan lewat satu situs resmi dan tidak ada penjualan dari situs lainnya.

Namun kini beredar kabar bahwa sejumlah netizen telah melaporkan adanya penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta yang mencapai harga Rp50 juta di sebuah marketplace bernama Kick Avenue. Penjualan tiket dengan harga fantastis itu pun menjadi viral di media sosial.

Penjualan tiket itu dibenarkan oleh Ivan, salah satu perwakilan tim pemasaran Kick Avenue. Namun, Ivan membantah jika platform penjualan sepatu dan barang bermerek itu adalah penjual resmi yang bekerja sama dengan pihak promotor.

"Tidak (bukan penjual tiket resmi). Kami tetap sesuai DNA Kick Avenue, yaitu marketplace untuk authentic collectible items," terang Ivan dilansir dari cnn, Rabu (17/6).

Tiket konser Coldplay dengan harga fantastis tersebut, menurut Ivan, adalah item yang dijual pihak pemegang tiket. Namun, Ivan mewakili pihak Kick Avenue menjamin keamanan transaksi di marketplace tersebut.

"Sebagai marketplace, seller bebas me-listing tiket yang mereka mau jual di marketplace kami, dengan DNA kami yaitu konsumen ke konsumen (C2C)," jelas Ivan.

"Dipastikan aman bertransaksi karena maraknya penipuan penjualan tiket dari pihak kedua," sambungnya.

Pernyataan Ivan di atas merujuk kepada sebuah cuitan dari netizen di Twitter yang melaporkan adanya penjualan tiket Coldplay seharga Rp60 juta untuk kategori CAT 1 (Numbered Seating). Harga itu lebih dari sepuluh kali lipat harga asli tiket yang senilai Rp5 juta.

Sekitar pukul 14.00 WIB, tiket yang dijual di situs Kick Avenue dimulai dari kategori CAT 5 dengan harga terendah Rp6,5 juta yang berharga asli Rp1,75 juta.

Sedangkan, kategori Ultimate Experience (CAT1) dijual seharga Rp50 juta yang berharga asli Rp11 juta.

Menilik dari laman pertanyaan yang terdapat di situs Kick Avenue, Ivan menerangkan jika platformnya hanya menerima penjualan tiket dari daftar penjual terpilih yang tergabung komunitas mereka. Hal itu dilakukan untuk memastikan keaslian tiket yang dijual di situs Kick Avenue.

"Karena, pihak Kick Avenue sebagai penengah akan memfasilitasi sampai penukaran tiket fisiknya. Lalu, pihak Kick Avenue akan langsung kirim ke buyer tiket fisiknya," lengkapnya.

Sementara itu, pihak promotor sebelumnya telah mengimbau untuk melakukan pembelian tiket presale Coldplay hanya di situs resmi, bukan dari pihak ketiga.

"Tiket yang dibeli dari website pihak ketiga dan reseller yang tidak sah seperti Viagogo, Stubhub, tiketX, thekaryll dll menjadi tanggung jawab pribadi dan risiko dari Pembeli Tiket." tulis panitia dalam laman syarat dan ketentuan.

Pernyataan tersebut diberikan untuk mengantisipasi maraknya penipuan penjualan tiket konser yang belakangan telah memakan banyak korban dengan kerugian jutaan rupiah bagi penggemar.