Tak Berkategori

Viral, Habib Merah Wafat Saat Berdakwah

apahabar.com, BANJARMASIN – Habib Abdullah bin Syekh Abu Bakar bin Salim atau yang lebih dikenal dengan…

Habib Merah terlihat pertama kali hadir di Haul di Martapura pada Haul Abah Guru Sekumpul ke 8. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN - Habib Abdullah bin Syekh Abu Bakar bin Salim atau yang lebih dikenal dengan sebutan Habib Merah itu dikabarkan wafat saat berdakwah di wilayah Tenggarong, Kalimantan Timur.

Kabar duka tersebut diposting halaman facebook bernama Muhibbin Sekumpul. Postingan tersebut menunjukkan dua foto. Foto pertama memperlihatkan Habib Merah sedang berziarah ke makam Tuan Guru H Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul), sedangkan foto kedua menunjukkan Habib Merah terbaring di Rumah Sakit Tenggarong Kalimantan Timur dengan alat bantuan pernapasan.

Postingan tersebut dilengkapi dengan sebuah keterangan yang menyebutkan bahwa habib asal Lumajang itu wafat. Beliau dikabarkan sudah tak sadarkan diri ketika berceramah di wilayah Kalimantan Timur.

Berikut keterangan tersebut:

"Innalillahi wa inna ilayhi roji’unTelah berpulang kerahmatullah, Habib Abdullah BSA (Habib Merah)Disaat beliau tertimpa sakit tiba” disaat memberikan kamiIlmu, beliau masih tegar walaupun kondisi hampir tidak sadar, beliau tetap tegar ingin melanjutkan cermah, sehingga smpai beliau tidak sadarkan diri dalam keadaan duduk… Sempat dibawa ke RS Parikesit agar mendapat penanganan dari Tim Medis, Namun beliau tak sadarkan diri….Beliau meninggal di RS Parikesit Tenggarong KalTimYa Allah begitu sedih kami dengan kepergian beliauBeliau sosok karismatik yg selalu ceria penuh akhlaqSalah 1 Musibah terbesar didunia ini adalah meninggalnya Ulama yg mengamalkan Ilmunya…Uhdilahum Tsawabal Fatihah…."

Postingan tersebut mendapat 6,5 ribu like, 1,2 ribu komentar, dan 3,1 ribu kali dibagikan.

Untuk diketahui, Habib Merah sering mengisi kajian dan ceramah di wilayah Kalimantan Selatan, sejak 7 tahun yang lalu. Nama beliau ramai menjadi buah bibir di masyarakat Banjar ketika menghadiri Haul Abah Guru Sekumpul ke-8, dengan menaiki seekor kuda.

Pakaian serba merah yang dikenakan beliau membuat masyarakat menjulukinya dengan sebutan Habib Merah.

Baca Juga: Sejarah Pulau Kembang (3), Menjadi Tempat Wisata di Penjajahan Belanda

Baca Juga:Shalat Gaib akan Digelar di Hadramaut, Siapa Sebenarnya Habib Husein?

Baca Juga: Habib Husein Assegaf Wafat, Sesepuh Habaib Itu akan Dimakamkan Hari Ini

Baca Juga: Ternyata, Islam Temukan Kacamata Ratusan Tahun Sebelum Barat

Editor: Muhammad Bulkini