Suara Warga

[VIDEO] Voxpop Warga tentang Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan nomor urut calon presiden dan wakil presiden 2024 pada Selasa, 14 November 2023.

apahabar.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan nomor urut calon presiden dan wakil presiden 2024 pada Selasa, 14 November 2023. Proses pengundian nomor urut dilakukan di kantor KPU, Jakarta.

Acara pengundian dibuka oleh Ketua KPU Hasyim As'hari pada pukul 20.26 WIB. Penetapan nomor urut dalam pilpres sudah diatur dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum atau uu pemilu.

Beleidnya tertera dalam pasal 235 ayat (2) yang menyebut penentuan nomor urut berdasarkan pengundian.

Apahabar mencoba menggali pemahaman warga tentang Pemilu 2024. Saat ditanya tentang paslon yang akan berlaga di Pemilu, sebagian besar sudah mengetahuinya.

Baca Juga: [VIDEO] Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres 2024

"Capres, cawapres ya, untuk pasangannya yang saya tahu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Anies baswedan dan Muhaimin atau cak imin ya. Sama Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming,” ujar Firman, warga.

"Yang saya tahu ya, bang yang pertama ada pasangan Anies baswedan, Muhaimin Iskandar dan yang kedua Bapak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, kemudian yang ketiga ada nama Bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” ujar Aldo, warga.

Sementara saat ditanya terkait kriteria memilih capres-cawapres yang tepat di pemilu 2024, warga memiliki pendapat yang berbeda.

"Saya sebagai warga Indonesia, memilih capres-cawapres yang miliki hati nurani, yang merakyat, dengerin kata rakyat. Jangan pilih capres yang dengerin kata bosnya, tahu kan maksudnya siapa. Nah terus bepegang teguh pada Pancasila, undang-undang dan Bhineka Tunggal Ika, dan juga harus dengerin kata rakyat,” ujar Firman.

Baca Juga: [VIDEO] Kaesang Dicuekin Megawati, Gibran: Jangan Percaya Hoaks

"Masalah ininya, kalau sudah diputuskan mau bagaimana lagi bang. Kita bingung juga ya. Kalau setuju nggak setuju, kalau saya nggak setuju, karena ya gimana ya, mungkin usia, mungkin pengalaman mas Gibran belum cukup ya. Tetapi kalau sudah diputuskan dan di KPU sudah menetapkan mas Gibran maju pilpres, paling kita sebagai warga mengikuti aja gimana nantinya. Baiknya jika terpilih bisa menjadi pemimpin yang baik,” ungkap Aldo.

Pasca pengundian nomor, tahapan kampanye akan segera memulai. Sementara itu, rakyat masih menunggu gagasan terbaik dari para kandidat untuk Indonesia yang lebih baik.

Video Journalist: Bambang Susapto
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak