Kalsel

Video Kerumunan di Bandara Syamsudin Noor Beredar Luas, AP I Beri Penjelasan

apahabar.com, BANJARBARU – Video berdurasi 13 detik yang merekam keramaian di bandara Internasional Syamsudin Noor beredar…

Kerumunan yang terjadi di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Selasa (25/5/2021). Foto-AP I Bandara Syamsudin Noor

apahabar.com, BANJARBARU – Video berdurasi 13 detik yang merekam keramaian di bandara Internasional Syamsudin Noor beredar luas di media sosial, Selasa (25/5) siang.

Dalam video tersebut, tampak terjadi kerumunan di bandara. Si perekam juga menyampaikan kondisi bandara yang sedang ramai penumpang.

“Rami-rami (Ramai sekali) penumpang hari ini,” ucap perekam video.

Di dalam video memang tampak ratusan orang yang sedang berkumpul. Rata-rata mereka mengenakan pakaian muslim dan didominasi kaum adam.

Dari penelusuran apahabar.com, orang yang ada di dalam kerumunan ini adalah para santri yang bersiap bertolak ke pesantren di wilayah Pulau Jawa.

Hal ini pun dibenarkan oleh pihak Angkasa Pura Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Relation Manager Angkasa Pura Bandara Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor, mencoba menerangkan hal tersebut.

“Saat ini banyak santri-santri pesantren pulang ke Jawa. Jadi ada beberapa yang kembali nyantri ke sana,” katanya.

Terkait keramaian, Zulfian mengatakan jika orang yang berkumpul itu tak hanya para santri. Namun juga ada sejumlah keluarga, teman, atau kerabat yang mengantar kepergian para santri tersebut.

“Banyak santri diantar keluarga dan teman-temannya. Dan juga ada rombongan pelajar yang mau ke Yaman lewat Jakarta. Jadi ada rombongan keluarga juga yang mengantar,” jelasnya.

Zulfian menyebut pihaknya telah mengurai kerumunan, sehingga berkumpulnya santri dan para kerabat dalam jarak yang terlalu berdekatan tidak sampai terjadi.

“Sudah teratasi kerumunannya. Sudah kita kerahkan security dan petugas operasional,” tegasnya.