Erupsi Gunung Marapi

[VIDEO] Erupsi Marapi, 11 Pendaki Meninggal Dunia, 12 Masih Dicari

Gunung Marapi di wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat erupsi dan menyemburkan abu vulkanik, Minggu (3/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

apahabar.com, JAKARTA - Gunung Marapi di wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat erupsi dan menyemburkan abu vulkanik, Minggu (3/12) sekitar pukul 15.00 WIB. Dilaporkan puluhan pendaki terjebak di sana.

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik dalam videonya menyebutkan upaya pencarian pada Senin (4/12) pagi terus dilakukan. Pukul 07.10 WIB, tercatat 79 pendaki sudah terdata di posko pencarian.

Dalam update tersebut, sebanyak 49 pendaki telah berhasil dievakuasi dengan selamat. Sebagian besar sudah kembali ke rumah masing masing.

Data pukul 07.10 WIB, tim gabungan kembali menemukan 3 pendaki selamat dan 11 lainnya dalam keadaan meninggal dunia.

Baca Juga: [VIDEO] Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Kolom Abu Setinggi 3.000 Meter

Dari 75 pendaki yang terdata di posko, sebanyak 12 pendaki belum ditemukan. Karena sebelumnya sudah ada 49 orang yang berhasil diselamatkan pada Senin subuh.

Dari semua pendaki yang dievakuasi, sebanyak 8 orang dilarikan ke RSUD Padang Panjang karena mengalami luka-luka dan luka bakar. Hingga Senin (4/12) proses evakuasi masih berlangsung bersama tim gabungan dari berbagai unsur.

Sementara itu, pos pantau gunung api Marapi mencatat, Marapi masih mengeluarkan abu vulkanik. Berdasarkan data seismogram, hingga pukul 03.03WIB terjadi sedikitnya 45 kali letusan dan 63 kali hembusan abu vulkanik.

Video Journalist: Tim Redaksi
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak