Tak Berkategori

Video: Api di Pelambuan, Nenek Syamsiah Cuma Punya Baju di Badan

apahabar.com, BANJARMASIN- “Saya lagi bertani, kaget dapat kabar dari istri teman kalau rumah terbakar,” aku Syamsiah,…

apahabar.com, BANJARMASIN- “Saya lagi bertani, kaget dapat kabar dari istri teman kalau rumah terbakar,” aku Syamsiah, warga Gang Sedayu, RT 51/03, Pelambuan, Banjarmasin Barat, Kamis (7/2) pukul 12.00 tadi.

Ya, satu dari lima rumah yang terbakar di gang tersebut, belakangan diketahui adalah miliknya. Selain rumah, Honda Beat DA 6267 milik Rina, anaknya, ikut dilahap api. Dari kejadian ini, Syamsiah merugi puluhan juta rupiah. Untuk satu motor saja, sekurang-kurangnya kerugian yang dideranya Rp 7 juta.

Syamsiah bergegas pulang saat mendapati kabar jika rumahnya itu terbakar. Belum sempat menyelamatkan harta benda, perempuan paruh baya ini keburu limbung saat melihat rumahnya dilumat si jago merah.

Segera, dibantu warga sekitar Syamsiah dilarikan ke Puskesmas Pelambuan yang berjarak selemparan batu dari lokasi kebakaran. Di sana, dia mendapat perawatan medis dan berhasil sadar kembali.

“Sempat sok. Karena kaget rumahnya terbakar. Kami langsung berikan pertolongan pertama dan bantuan oksigen,” ujar Dr Putri, petugas puskesmas tersebut.

Baca Juga:5 Rumah Hangus di Pelambuan, Pemilik Pingsan

Kebakaran hanguskan Lima rumah di Pelambuan Banjarmasin Barat, Kamis (7/2). Foto-Istimewa

Kali terakhir rumah bercat biru berbahan kayu ditinggalkannya dalam keadaan kosong. Sang anak sedang bekerja. Sehari-harinya Syamsiah hanya ditemani putri semata wayangnya. Dari kebakaran, hanya daster hijau yang ia kenakan. Cuma itu yang tersisa.

“Cuma baju yang melekat dan ijazah SD, SMP, SMK milik pacar saya yang berhasil terselamatkan,” Azhar pacar Rina menemani Syamsiah di puskesmas.

Sebelumnya, api mengamuk di kawasan pemukiman penduduk, Rt 51/03, Pelambuan, Banjarmasin Barat. Lima rumah hangus dari kebakaran ini. Beruntung, nihil korban jiwa. Akses jalan yang sempit serta minimnya sumber pasokan air sempat menyulitkan langkah pemadaman.

"Kami menggunakan air bercampur lumpur untuk memadamkan api," jelas Ketua RT setempat.

Pasca kejadian, Kepala BPBD Banjarmasin M Hilmi didampingi Lurah Pelambuan Soltoni memastikan langkah evakuasi korban terdampak telah disiapkan.

"Ada 5 keluarga dengan total 15 jiwa yang mesti diungsikan, termasuk 3 balita. Kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial," jelas Hilmi kepada apahabar.com di lokasi kejadian.

Polisi menyatakan ada empat dari lima rumah habis terbakar. Honda Beat DA 6267 milik Rina yang ikut dilahap api lantaran tak sempat dipindahkan karena terikat oleh rantai.

“Api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik karena tidak teraturnya instalator,” ujar Kapolsek Banjarmasin Barat AKP Mars Suryo Kartiko didampingi Brigadir Gusti Yandra di lokasi kejadian.

Kepada polisi, seorang saksi bernama Johan mengatakan, api kali pertama terlihat pada bagian dapur rumah milik Rusminah.

“Dari bagian belakang atau dapur rumah Rusminah,” jelasnya.

Dari kebakaran ini, kerugian materil ditaksir mencapai Rp. 500 juta. “Untuk kendaraan diperkirakan korban merugi sebesar Rp 7 juta. Tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Baca Juga:Lima Ludes di Pelambuan, Kerugian Capai 500 Juta

Reporter: Randy FEditor: Fariz Fadhillah