Tak Berkategori

Varietas Durian ‘Si Sanggan’ dari Pohon Berusia 50 Tahun Bakal Dikembangkan

apahabar.com, PELAIHARI – Durian ‘Si Sanggan’ asal Desa Galam, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut (Tala) keluar…

Bupati Tala H Sukamta bersama para juara kontes lomba durian, akhir pekan lalu. Foto-antara

apahabar.com, PELAIHARI - Durian ‘Si Sanggan’ asal Desa Galam, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut (Tala) keluar sebagai juara dalam kontes durian yang digelar Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) setempat di Desa Tungkaran, akhir pekan lalu.

Rencana varietas buah tersebut akan dikembangkan sebagai jenis durian lokal andalan Tanah Laut.

“Pemenang kontes ini pohonnya akan menjadi pohon induk dan dikembangkan menggunakan rekayasa teknologi agar dapat dilestarikan katen buah lokal perlu dipertahankan,” ujar Bupati Tanah Laut H Sukamta seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, jelas dia, bibitnya akan diberi label sertifikasi agar dapat dikembangkan menjadi bibit lokal unggulan.

Sang pemilik durian ‘Si Sanggan’ Mairudin mengatakan buahnya itu dari pohon yang ditanam 50 tahun lalu. Meski demikian, buahnya mampu mengalahkan 90 varietas yang turut ikut lomba.

Mairudin mengaku rutin merawatnya. Sehingga pohonnya tersebut bisa menghasilkan buah yang lebih baik.

“Saya sangat senang mendapatkan juara dan ini baru pertama kali Kontes Durian,” timpalnya.

Dalam kontes durian tersebut, 90 durian hasil tanaman dari warga yang berada berbagai pelosok Tanah Laut, dilombakan. Hasil penjurian pun tergolong ketat.

Baca Juga: Rasa dan Ketebalan Durian Tala Diadu

Namun tim juri dari Balai Penelitian dan Pembibitan Provinsi Kalsel akhirnya memutuskan ‘Si Sanggan’ sebagai juara. Ketebalan dan rasanya mengalahkan puluhan kontestan lain.

Seperti Si Kandal dari Desa Tungkaran, Kecamatan Pelaihari, yang harus puas sebagai juara dua. Lalu kemudian Si Tinjau Desa Tungkaran, Kecamatan Pelaihari di posisi ketiga.

Disamping itu pula juara harapan satu diraih Si Kuncup Desa Ranggang Dalam, Kecamatan Takisung, juara harapan dua diraih Si Gagam dari Desa Banua Tengah, Kecamatan Takisung, dan juara harapan ketiga diraih Garuda dari Desa Panjaratan, Kecamtan Pelaihari.

Sebagai even perdana kali digelar di Tala, Kepala Distanhorbun, ingin menunjukkan kontes durian tak hanya di Desa Kiram Kabupaten Banjar yang digelar saban tahun, tapi di Tala pun juga ada.

Si Sanggan sendiri nantinya akan mewakili Tanah Laut dalam kontes durian yang digelar pemerintah provinsi, dalam rangka melestarikan keanekaragaam buah lokal.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin