Hot Borneo

Vaksin Booster Jadi Syarat Kunjungan Keluarga Napi, Rutan Tanjung Buka Posko Vaksinasi Covid-19

apahabar.com, TANJUNG – Sejak 5 Juli lalu, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjung telah membuka…

Oleh Syarif
Kepala Rutan Tanjung, Rommy Waskita Pambudi, mencek pelaksanaan vaksinasi di posko vaksinasi yang mereka buka bersama Puskesmas Hikun. Foto – Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Sejak 5 Juli lalu, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjung telah membuka layanan kunjungan tatap muka kepada para warga binaan oleh keluarganya secara terbatas.

Salah satu syarat untuk melakukan kunjungan tersebut adalah sudah divaksin ketiga atau booster.

Untuk memudahkan para keluarga warga binaan yang berkunjung, Rutan Tanjung membuka Posko Vaksinasi Covid-19 di depan rutan setempat.

Layanan tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tabalong melalui Puskesmas Hikun, Kecamatan Tanjung.

” Pembukaan posko vaksinasi tersebut untuk mengakomodir keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ingin berkunjung tapi terkendala belum menerima vaksin booster. Sehingga mereka bisa langsung divaksin di tempat sebelum diperbolehkan masuk,” kata Kepala Rutan Tanjung, Rommy Waskita Pambudi,Selasa (12/7).

Posko vaksin tersebut juga bisa dimanfaatkan bagi masyarakat umum,untuk divaksin dosis pertama, kedua dan booster.

” Dengan adanya vaksinasi di posko yang kami siapkan bagi WBP dan pengunjung serta masyarakat umum diharapkan dapat mempercepat vaksinasi di daerah ini,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Hikun, H Akhmad Sabirin, mengatakan posko ini juga menyasar masyarakat umum untuk vaksin dosis pertama, kedua dan booster.

Hari ini, Selasa (12/7) tercatat sebanyak 23 orang yang telah divaksin di posko tersebut, baik pengunjung dan masyarakat umum.

” Melalui Kerjasama yang telah terjalin, posko vaksinasi terus dibuka sesuai dengan jadwal kunjungan pada hari Selasa dan Kamis,” pungkas Sabirin.