Nasional

Vaksin Anak 11 Tahun Segera Dimulai, Luar Jawa-Bali Tunggu Dulu

apahabar.com, JAKARTA – Vaksinasi Covid-19 untuk anak di bawah 11 tahun akhirnya segera dimulai. Namun tunggu…

Momen gebyar vaksinasi massal Pemkot Banjarmasin di RSUD Ansari Saleh bertepatan dengan kedatangan Presiden Jokowi. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, JAKARTA – Vaksinasi Covid-19 untuk anak di bawah 11 tahun akhirnya segera dimulai.

Namun tunggu dulu, Kemenkes baru memastikannya untuk sebagian besar wilayah di Jawa dan Bali.

Mengacu pada Inmendagri Nomor 55 Tahun 2021 terbaru, ada beberapa syarat wilayah yang bisa memulai vaksinasi anak 6 hingga 11 tahun.

“Di daerah yang capaian sesuai Inmendagri 70 persen umum dan 60 persen lansia,” beber Jubir Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi dikutip apahabar.com dari detikcom Minggu (12/12).

“Sebagian besar di Jawa Bali,” sambung Nadia.

Pelaksanaannya bisa dilakukan di tiga lokasi. Termasuk sekolah. Vaksin Covidd-19 anak 6 hingga 11 tahun nantinya menggunakan Sinovac.

Selain Sinovac, sebenarnya vaksin Pfizer juga sudah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk anak berusia 5 hingga 11 tahun.

Namun, Indonesia melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) baru memberikan izin vaksin Covid-19 anak rentang usia tersebut memakai Sinovac.

“Di sekolah, puskesmas atau posyandu,” pungkas dia.

DKI Jakarta rencananya akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 anak rentang 6 hingga 11 tahun mulai pekan depan. Adapun pelaksanaan akan mengikuti regulasi dari Kementerian Kesehatan RI jika sudah dikeluarkan.

“Untuk vaksinasi anak 6-11 tahun, Dinkes sudah siap Insya Allah minggu depan, tinggal menunggu regulasi dari Kementerian Kesehatan ya,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dikutip dari laman yang sama.

Seperti diketahui, dalam Inmendagri pelaksanaan vaksinasi akan dimulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022 mendatang. Aturan tersebut keluar bersamaan dengan regulasi yang mengatur pergerakan warga Indonesia selama periode Libur dan Nataru.