Usai Pertemuan Antar Pimpinan, Persija Vs PSM Tetap di GBK

Desas-desus batalnya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi tempat digelarnya laga Persija melawan PSM Makassar di laga perdana kedua tim

Pertemuan PSSI, PT LIB, dan PPKGBK terkait pertandingan Persija Vs PSM, Rabu (28/6). (Foto: IG/adikusumo)

apahabar.com, JAKARTA - Desas-desus batalnya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi tempat digelarnya laga Persija melawan PSM Makassar di laga perdana kedua tim pada BRI Liga 1 musim 2023/2024 terjawab sudah.

Melalui rilis resmi PPKGBK pada Rabu (28/6/2023), pertandingan antara Persija Jakarta dengan PSM Makassar tetap dilaksanakan di SUGBK, Senayan, Jakarta.

"Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) merupakan ikon olahraga nasional dan internasional serta venue multifungsi, mendukung penyelenggaraan laga Persija Jakarta Vs PSM Makassar," tulis keterangan resmi PPKGBK.

Sebelumnya, sempat mencuat kabar bahwa pertandingan kedua tim batal dilangsungkan di SUGBK. Penyebabnya adalah kondisi rumput yang tidak memungkinkan setelah adanya acara dari salah satu partai politik.

Bahkan sempat terlihat juga sebuah video yang menggambarkan keadaan rumput SUGBK dalam kondisi rusak.

Hal ini pun jadi ramai dikalangan supporter tim Macan Kemayoran, Jak Mania, yang kompak menyuarakan kritikan akan fungsi utama dari area SUGBK yang seharusnya diperuntukkan untuk kegiatan olahraga.

Salah satu sindiran keras dilayangkan oleh ketua umum Jak Mania, Diky Sumarno. Semula Diky mengabarkan hasil rapat dari PPKGBK terkait dengan rencana penggunaan SUGBK.

"Tidak direkomendasikan pelaksanaannya di Stadion Utama GBK dengan alasan keamanan dan kesehatan rumput dan arena Field of Play (FOP) pasca event sebelumnya, sesuai dengan SOP Manajemen PPKGBK. Namun, kami mengusulkan dapat dilaksanakan di Stadion Madya GBK," tulis keterangan manajemen PPKGBK.

Dalam unggahannya, Dicky mengkritik keras hal ini. Sentilan Dicky langsung diarahkan kepada Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo.

"Udah selesai rakor baru diinformasikan. Profesional sekali Stadion GBK Dirutnya, sepertinya lupa tujuan dibangunnya GBK," tulis Diky dalam unggahannya.

Sontak unggahan Diky membuat anggota Jak Mania lainnya ramai ikut berkomentar dan mengkritik apa yang menjadi keputusan dari manajemen PPKGBK.

Tetapi kini, setelah melalui pertemuan bersama dengan PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Persija Jakarta selaku tim tuan rumah, Dirut PPKGBK Rakhmadi pun memastikan laga Persija Jakarta melawan PSM Makassar tetap bisa digelar di SUGBK.

Perubahan keputusan ini disampaikan Rakhmadi lewat akun media sosial Instagramnya. "GBK telah berkomunikasi dan berdiskusi langsung bersama PSSI, PT LIB dan Persija Jakarta. Menghasilkan kesepakatan terkait pertandingan Persija Jakarta vs PSM yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2023," terang Rakhmadi.