Kalsel

Update Mayat Bayi dalam Tas; Polisi Rilis Hasil Visum Luar

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepolisian Sektor Martapura Barat masih melakukan penyelidikan ihwal meninggalnya bayi yang ditemukan dalam…

Bidokkes Polda Kalsel memberikan pendampingan autopsi jenazah bayi yang ditemukan dalam tas di Martapura Barat. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepolisian Sektor Martapura Barat masih melakukan penyelidikan ihwal meninggalnya bayi yang ditemukan dalam tas jinjing warna hitam di pinggir Jalan raya Martapura Lama Desa Tangkas, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar pada Minggu (15/12) malam oleh seorang petani.

Berdasarkan data yang diperoleh apahabar.com dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (bidokkes) Polda Kalsel, bayi malang tersebut dilakukan autopsi pada Selasa, 17 Desember 2019 sekira pukul 08.15 Wita. Autopsi dipimpin dokter forensik RSUD Ulin Banjarmasin dr Hj. Nila Nirmala Sp.F dan team Forensik RSUD Ulin Banjarmasin bersama co Ass ULM.

Hasil visum luar disebutkan, panjang jenazah bayi malang itu 37 cm, berat 750 gram, lingkar kepala 25 cm, lingkar dada 20 cm dan lingkar pinggang 18,5 cm. Kemudian, telapak kaki dan ujung jari kaki warna kebiruan.

Selanjutnya, tidak ada kaku jenazah. Saat berada di ruang autopsi RSUD Ulin Banjarmasin, jenazah dalam keadaan terbungkus kain dengan posisi terlentang. Bagian terpentingnya adalah pengambilan sampel tubuh antisipasi pemeriksaan DNA.

Sementara terkait hasil autopsi organ dalam, masih menunggu hasil dari tim PA (Patologi Anotomi). Bedah jenazah organ dalam dilaksanakan sekitar pukul 10.15 wita, di hari yang sama.

“Sebab kematian masih didalami dan menunggu pemeriksaan Patologi Anatomi. Orok bayi tersebut diperkirakan lahir prematur,” ucap Kabiddokkes Polda Kalsel Kombes Pol Erwin Zainul Hakim kepada apahabar.com di Banjarmasin, Rabu pagi.

Meski begitu, Tim Unit Reserse Kriminal Polsek Martapura Barat sudah menyebar untuk memburu orang yang membuang bayi itu, sambil berkoordinasi dengan Polres Banjar.

“Kami juga mengerahkan bhabinkamtibmas hingga tempat bidan bersalin untuk mengidentifikasi pelakunya,” Kanit Reskrim Polsek Martapura Barat Aipda Yohanes.

Mayat bayi itu ditemukan warga yang sedang melintas sekitar pukul 22.00 wita pada Minggu (15/12) malam. Setelah mendapat laporan, polisi mendatangi TKP dan mendapati tali pusar bayi itu masih belum terpotong dan dibungkus dengan kain warna putih. Bayi itu ditemukan dalam tas jinjing warna hitam yang diletakkan begitu saja di pinggir jalan raya Martapura Lama, Desa Tangkas RT 2, Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar, Kalsel.

Baca Juga:Geger!!! Jasad Bayi dalam Tas di Kabupaten Banjar

Baca Juga:Pelaku Buang Bayi dalam Tas di Kabupaten Banjar Masih Misterius

Baca Juga:Buru Pembuang Bayi di Kabupaten Banjar, Polisi Kerahkan Seluruh Bhabinkamtibmas

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Muhammad Bulkini